Loading...

3 Makanan Tradisional Jawa Barat Yang Nikmat Di Lidah

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Keluarga, Resep

TERUSKAN.COM – Bagi Anda yang ingin bereksperimen kembali di dapur, kali ini kami mempunyai 3 menu tradisional nikmat yang biasa disajikan di daerah Jawa Barat. Semua bahannya dari sayuran, jadi bagi Anda yang sedang diet, sepertinya tidak perlu takut untuk mengonsumsi makanan ini.

Apa sajakah itu? Berikut adalah ulasan resep dan cara membuat tiga makanan tradisional Jawa Barat yang nikmat di lidah. Mari disimak.

3 Makanan Tradisional Jawa Barat Yang Nikmat Di Lidah

Loading...

Karedok

Untuk makanan pertama ini, bahannya cukup simple, yakni kecambah, kol, kacang panjang, dan mentimun. Untuk bumbunya, Anda siapkan saja kacang tanah goreng, gula merah, garam, cabe rawit, kencur, dan daun kemangi.

Cara mengolahnya sangat mudah, yakni Anda hanya perlu mengulek semua bumbu, seperti kacang tanah goreng, gula merah, garam, kencur, dan cabe rawit hingga lembut dan kemudian tambahkan sedikit air agar bumbunya menjadi agak cair.

Selanjutnya, Anda bisa memotong bahan lainnya, seperti kol, kacang panjang, dan mentimun lalu masukkan ke dalam ulekan bumbu, jangan lupa untuk memasukkan kecambah dan juga daun kemanginya. Setalah itu, aduk semuanya hingga rata. Dan makanan pun siap untuk disantap. Akan lebih nikmat jika dihidangkan dengan kerupuk.

Lotek

Untuk makanan kedua ini, bahannya cukup banyak, yakni labu siam, kol, kangkung, kecambah, dan bayam. Untuk bumbunya sama saja seperti makanan di atas, yaitu kacang tanah goreng, gula merah, garam, dan cabe rawit.

Mengolah makanan kedua ini cukup lama, karena semua bahan sayurannya harus di potong-potong terlebih dahulu, lalu kemudian sayurannya direbus sebentar hingga empuk dan kemudian ditiriskan di tempat terbuka agar cepat dingin.

Untuk pengolahan bumbunya sama saja, diulek hingga halus dan kemudian diberikan air agar bumbunya menjadi lebih cair. Biasanya, di daerah Jawa Barat, akan diberikan sedikit ubi rebus agar bumbunya menjadi lebih kental ketika jadi.

Untuk penyajiannya, cukup ambil semua sayuran ke dalam piring secukupnya, lalu siram dengan bumbu yang sudah jadi di atasnya. Biasanya makanan ini disajikan dengan elod, itu adalah makanan dari Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka, bentuknya kotak dan teksturnya lembut seperti agar-agar.

Selain disajikan dengan elod, hidangan tersebut juga bisa disajikan dengan kerupuk mie atau bakwan goreng.

Pencok

Untuk makanan ketiga, mungkin bisa dikatakan inilah makanan yang paling gampang untuk disajikan. Ya, karena bahan yang diperlukan hanya satu jenis, yakni kacang panjang. Sedangkan untuk bumbunya sama saja dengan kedua menu di atas, yakni kacang tanah goreng, gula merah, garam, cabe merah, dan kencur.

Untuk cara mengolahnya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mencuci kacang panjangnya terlebih dahulu, kemudian memotongnya dengan ukuran agak kecil. Jika sudah selesai, maka Anda bisa membuat bumbunya dengan cara diulek tentunya.

Jika bumbunya sudah selesai diulek, maka Anda masukkan saja kacang yang sudah dipotong tersebut ke dalam bumbu dan kemudian aduk bumbu dan kacang sembari diulek secara perlahan agar kacangnya tidak terlalu hancur.

Akan lebih nikmat jika rasanya pedas dan disajikan dengan kerupuk.

Selamat mencoba.