Loading...

5 Makanan Sehat untuk Bayi

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Keluarga

makanan bayi

TERUSKAN.COM – Memberi makanan sehat pada bayi secara rutin mungkin bisa menjadi hal cukup sulit bagi para ibu baru pasca melahirkan. Kerap kali para ibu baru ini merasa ragu tentang jenis makanan yang cocok dengan takaran tepat saat pertama kali memberi makan bayi mereka.

Apalagi, ketika bayi anda mengalami sakit perut atau diare, mungkin anda bingung dan tak mengerti telah memberi makanan jenis apa. Maka, anda pun harus mencari tahu alergi yang dimiliki sang bayi terhadap jenis makanan tertentu.

Loading...

Di balik semua alasan tersebut, memberi makan seorang bayi bukanlah sesuatu yang menakutkan. Jika anda rutin melakukannya, anda pun akan mulai terbiasa.

Berikut adalah daftar makanan menyehatkan untuk bayi anda dilansir Magforwomen.com.

Bubur sayuran

Tentu bukanlah waktu yang tepat memberi makan terlalu berserat pada bayi anda saat ini. Pilihlah jenis sayuran yang memiliki sedikit serat agar bisa dicerna lebih mudah oleh perut bayi anda.

Jangan mencoba memberi makan dengan rasa macam-macam, karena bumbu baru dapat mengganggu sensitifitas perut bayi anda.

Rebus sayuran dengan baik, lalu hancurkan sebelum anda berikan pada bayi anda. Wortel adalah pilihan yang baik, sementara buncis sangat baik untuk memberi kandungan protein.

Biskuit campur susu

Beli biskuit tanpa campuran rasa apapun, termasuk cokelat. Hancurkan biskuit, aduk dan masukkan ke dalam campuran susu. Tambahan susu hangat akan membuatnya lebih mudah untuk dihancurkan dan jadi bubur.

Berikan saat temperatur bayi anda sedang baik. Roti tanpa rasa dan susu juga merupakan pilihan baik untuk bayi.

Bubur apel panggang

Kupaslah sebuah apel, lalu panggang secukupnya dan hancurkan untuk dijadikan bubur. Pastikan bahwa apel telah dikupas seluruhnya, karena sang bayi belum mampu mengunyah kulit yang cenderung keras. Biji apel juga harus dipastikan dibuang sebelum anda mengolahnya jadi bubur.

Anda juga bisa mencoba buah lainnya, yang sekiranya tidak akan membuat bayi anda tersedak. Ingatlah, bahwa kondisi bayi anda belum mampu mengunyah apapun.

makanan untuk bayi

Telur rebus

Telur rebus juga merupakan sumber protein dan nutrisi yang hebat untuk bayi anda. Anda tak perlu menunggu lebih lama untuk memberi makan telur pada bayi anda. Namun, akan sangat baik jika anda menunggu setelah 3 bulan dimulainya MPASI bayi Anda.

Seperti halnya makanan lain, anda harus mengolah telur rebus itu jadi bubur, dan buat bayi anda mudah untuk mencerna.

Jangan lupa selalu sediakan air minum, mencegah bayi anda tersedak saat memakan bubur telur rebus. Pastikan juga bahwa bubur telur rebus anda jangan sampai mengering.

Kacang polong hijau

Kacang polong hijau dan campuran wortel juga merupakan makanan sehat nan lezat yang bisa disajikan untuk bayi anda.

Anda bisa tambahkan sedikit garam, ketika anda merebus kacang polong hijau dan wortel. Aduk rata seluruhnya dan hancurkan sampai lembut agar bayi anda mudah mengunyah dan menelan.

Pastikan tangan dan peralatan makan yang anda gunakan bersih dari kuman. Jangan lupa selalu menepuk punggung bayi anda pelan sebelum menidurkannya.

Beri aneka makanan setiap hari dan selalu berkonsultasi pada dokter ahli pencernaan ketika bayi anda mengalami gangguan kesehatan cerna.