Loading...

7 Manfaat Sehat Mengonsumsi Jagung

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

manfaat jagung

TERUSKAN.COM – Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat yang kerap dijadikan sebagai makanan alternatif untuk menggantikan beras.

Jagung termasuk sebagai salah satu jenis makanan yang paling mudah dikenali karena bentuknya yang mencolok, yaitu biji berwarna kuning dan berderet memanjang yang mengeliling tongkolnya.

Loading...

Jagung tidak hanya bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti beras, namun juga bisa dikonsumsi dengan cara lain, seperti dibakar atau direbus. Kedua cara tersebut menjadi cara yang paling sering dipilih untuk menikmati jagung.

Nah ternyata di samping rasanya yang nikmat dan gurih, jagung memiliki berbagai manfaat tersembunyi yang baik bagi kesehatan tubuh loh.

Manusia tentunya membutuhkan energi untuk bisa beraktivitas, bekerja dan berpikir setiap harinya. Oleh karena itulah, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat jelas menjadi solusi terbaik.

Beras, jagung dan gandum adalah beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh. Khususnya untuk jagung, di mana makanan ini menyimpan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini 7 manfaat jagung bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Meningkatkan kesehatan organ pencernaan

Jagung kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan. Jagung mampu membantu proses pencernaan makanan lebih lancar. Untuk itulah, berbagai masalah pada gangguan pencernaan seperti susah buang air besar tentunya tidak akan mengganggu anda lagi.

2. Memperkuat tulang

Jagung mengandung nutrisi seperti besi, magnesium, fosfor dan tembaga yang baik bagi tulang anda. Berbagai kandungan mineral inilah yang mampu menutrisi dan memperkuat tulang sehingga tulang tidak mudah rapuh.

3. Membuat kulit tampak lebih muda

Antioksidan yang terkandung di dalam buah jagung mampu menutrisi seluruh jaringan kulit di tubuh. Sehingga jika anda ingin terlihat tetap awet muda, sebaiknya anda mengonsumsi jagung secara rutin.

4. Menangkal anemia

Kepala pusing adalah salah satu indikasi bahwa anda terkena anemia atau kekurangan darah. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi jagung. Kandungan vitamin B dan asam folat berfungsi untuk mencegah anemia yang efektif.

5. Menjaga kesehatan organ jantung

Jagung mengandung nutrisi seperti vitamin C, bioflavanoid dan karotenoid yang memiliki peran untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

manfaat jagung bakar

6. Menjaga kesehatan mata

Jagung kaya akan sumber beta karoten yang membentuk vitamin A di dalam tubuh. Sehingga anda bisa mengonsumsi buah jagung dengan batas normal untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh organ mata

7. Mencegah diabetes

Jagung memiliki kandungan fitokimia yang mampu mengatur penyerapan dan pelepasan hormon insulin di dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan jagung sebagai salah satu makanan yang memiliki gizi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh

**

Itulah beberapa manfaat jagung jika anda konsumsi. Jadi mulai sekarang mungkin anda bisa memasukkan jagung ke dalam asupan makanan anda.

Tidak dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi, anda bisa mengolahnya sebagai makanan lain seperti sayur jagung, bubur jagung, sop jagung dan lain sebagainya.

Jagung sendiri mudah ditemukan di Indonesia sehingga anda dapat dengan mudah mengonsumsinya. Apalagi harga jagung juga terbilang terjangkau.

Selamat menikmati dan mendapatkan manfaat sehat jagung.