Loading...

6 Tips Sukses Berbisnis di Instagram

Penulis: Ardila Chaka Rubrik: Bisnis
Tips Sukses Berbisnis di Instagram

Sukses Berbisnis di Instagram

TERUSKAN.COM – Setelah kesuksesan facebook sebagai media jual-beli, Instagram mulai dilirik sebagai media sosial yang bisa dijadikan lahan bisnis.

Instagram dianggap cocok untuk mempromosikan barang jualan, terutama yang membutuhkan bentuk visual, seperti produk baju, sepatu, dompet, tas, dan aksesoris lain. Hal ini karena Instagram memungkinkan pengguna untuk mengupload foto secara online.

Loading...

Bagi yang tertarik untuk turut berbisnis menggunakan instagram, berikut merupakan beberapa tips untuk menyukseskan jualan Anda.

1. Upload Produk Secara Konsisten

Agar Instagram Anda terus dilirik follower, konsistenlah dalam meng-upload foto produk. Jika memungkinkan, upload foto dilakukan setiap hari.

Tidak perlu banyak produk sekaligus, yang penting pada hari itu ada foto yang ter-upload. Anda juga bisa menambah kesan dengan memberikan kalimat-kalimat ajakan yang unik dan menarik. Hal ini untuk menarik follower mengikuti akun Anda.

Usahakan foto yang di-upload ialah yang kualitasnya bagus. Anda boleh menggunakan efek tertentu untuk menambah kesan indah di foto produk yang ditawarkan.

Namun, jangan terlalu berlebihan dalam memberi efek sehingga foto menjadi tidak sesuai dengan kondisi asli barang. Jika demikian, pelanggan tentu akan merasa kecewa dengan barang jualan Anda.

2. Nama Akun Mudah Diingat

Nama akun yang mudah diingat akan membuat pelanggan sering mengunjungi Instagram Anda. Selain mudah diingat, nama akun Anda juga harus menarik dan lucu.

Pembeli biasanya akan mudah tertarik dengan akun-akun yang memiliki nama menarik. Mereka cenderung akan selalu mengawasi dan memperhatikan akun tersebut.

3. Beri Promosi Khusus

Salah satu tips sukses berbisnis ialah banyak menghadirkan promosi khusus. Begitu pula dengan berjualan online semacam di Instagram. Anda bisa memberi penawaran khusus berupa potongan harga untuk pembelian berapa potong atau pembelian berapa puluh ribu.

Potongan harga bisa diberikan pada semua produk atau hanya beberapa jenis produk saja. Anda juga bisa memberikan bonus potongan harga khusus bagi pelanggan yang membagikan foto atau turut mempromosikan produk jualan Anda.

Selain pelanggan akan bersemangat membeli produk, akun Anda juga akan diikuti banyak follower baru.

4. Jangan Ragu Mem-Follow

Selagi ingin bisnis Anda lancar, jangan ragu untuk lebih dulu mem-follow akun orang lain. Dengan begitu, setidaknya akun Anda akan gantian di-follow sehingga semakin dikenal.

Orang yang Anda follow tentu saja akan membuka-buka profil Anda. Jika tertarik dengan produk yang ditawarkan, mereka dapat saja menjadi pelanggan setia bisnis Anda. Oleh karena itu, jangan ragu dan sungkan untuk memulai lebih dulu.

5. Beri Keterangan Produk

Tidak semua orang tahu tentang produk Anda. Bagaimana menggunakannya, berapa harganya, dan pertanyaan-pertanyaan lain tentu sering bermunculan.

Oleh karena itu, berikan keterangan ketika Anda meng-upload foto sebuah produk. Anda bisa memberikan keterangan-keterangan sederhana, seperti harga, fungsi, ukuran, dan cara pakai.

6. Jangan Sungkan Menggunakan Fasilitas Tag dan Hastagh

Tag merupakan salah satu kekuatan dalam mempromosikan produk di Instagram. Dengan melakukan tag kepada pelanggan, produk yang Anda upload akan mendapat perhatian lebih.

Anda juga bisa membuat hastagh yang unik dan menarik. Dengan begitu, produk Anda akan mudah ditemukan oleh para pelanggan.

**

Nah, demikianlah 6 tips sukses berbisnis di Instagram. Dengan menerapkan 6 tips di atas, diharapkan bisnis anda di Instagram semakin maju, follower bertambah banyak dan transaksi penjualan semakin meningkat.

(Gambar: mediabisnisonline.com)