Loading...

5 Tips Tetap Sehat Bagi Pekerja Shift Malam

Penulis: Ardila Chaka Rubrik: Dunia Karir, Kesehatan

kerja-larut

TERUSKAN.COM – Banyak orang yang bekerja malam hari di saat harusnya tubuh beristirahat. Tubuh pun dipaksa untuk bekerja lebih keras dibandingkan ketika siang hari. Hal ini karena posisi tubuh yang sudah lelah dan semestinya harus dibawa istirahat, tetapi justru dipaksa bekerja ekstra.

Bekerja malam sebenarnya dapat berdampak negatif untuk kesehatan si pekerja. Orang yang bekerja malam rentan mengalami kondisi kesehatan yang buruk. Hal ini karena tubuh para pekerja dipaksa terjaga sampai pagi.

Loading...

Apalagi jika sejak pagi atau siang sebelumnya sudah beraktifitas. Dalam kondisi tersebut, tubuh tentu bekerja sangat ekstra dengan jam istirahat yang sangat kurang.

Namun, tuntutan profesi tentu tidak dapat ditolak. Para pekerja, mau tidak mau, tetap harus melakukan kerja shift malam tersebut. Oleh karena itu, para pekerja diharapkan tetap menjaga kesehatan agar tidak mudah terkena penyakit.

Berikut merupakan beberapa tips untuk para pekerja malam agar tetap bugar dan sehat.

1. Atur Pola Makan

Pastikan Anda sudah makan dengan kenyang sebelum berangkat kerja. Makanan yang Anda makan pun harus memenuhi kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan mineral.

Jika tidak sempat makan sebelum berangkat, bawalah bekal makanan ke tempat kerja. Jika tidak, cobalah cari makanan sehat sebelum memulai bekerja.

Intinya, jangan biarkan perut kosong ketika bekerja malam. Dengan makan sebelum bekerja malam, sistem pencernaan akan tetap bekerja sehingga bisa memberikan energi pada tubuh Anda.

2. Perbanyak Air Putih

Tubuh Anda bekerja lebih keras ketika malam hari. Oleh karena itu, Anda memerlukan banyak cairan agar tubuh tidak menjadi stres. Air putih merupakan minuman yang kaya mineral sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan Anda. Anda juga dapat berjaga dengan meminum jus buah segar.

Jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman berenergi. Kafein justru dapat memberi dampat negatif bagi kesehatan Anda.

Jika terpaksa harus minum kopi untuk membuat tetap terjaga, batasi hanya satu gelas saja. Namun, jangan konsumsi minuman berenergi karena tidak baik bagi jantung Anda.

3. Pastikan Kualitas Tidur

Sebelum memulai kerja di malam hari, pastikan Anda sudah mempergunakan waktu sebelumnya untuk tidur.

Waktu tidur orang yang bekerja malam tentu berbeda dengan yang bekerja siang hari. Rata-rata orang juga tidak terlalu efektif ketika tidur siang. Namun, buatlah tidur Anda nyenyak dan cukup waktu jika akan bekerja malam hari.

Anda bisa mencoba mengatur ruang tidur siang Anda seakan-akan itu malam hari dengan membuat ruangan menjadi gelap. Meskipun tidur di siang hari, usahakan waktu tidur sama dengan ketika tidur  di malam hari.

4. Hindari Merokok

Sebagian orang memilih rokok sebagai teman begadang saat bekerja malam hari. Namun, seperti telah diketahui umum, merokok tidak baik bagi kesehatan.

Kandungan nikotin dalam rokok justru dapat semakin memperburuk kondisi kesehatan Anda yang sedang bekerja malam. Oleh karena itu, sebaiknya hindari merokok ketika bekerja malam.

5. Beri Selingan

Di saat sudah jenuh dengan pekerjaan, Anda dapat berjalan-jalan berkeliling. Apalagi jika posisi Anda ketika bekerja ialah duduk.

Dengan berjalan-jalan, Anda dapat menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, berjalan-jalan juga dapat menyegarkan pikiran. Anda juga bisa melakukan selingan dengan ngemil sehat. Ngemil juga dapat menghilangkan rasa kantuk dan mengusir lelah.

**

Jika memang Anda harus bekerja saat malam hari, maka tidak ada cara lain, Anda harus menjaga kesehatan agar tetap fit dalam beraktivitas dan jauh dari beragam penyakit. 5 tips di atas bisa Anda terapkan untuk mendapatkan kesehatan yang terjaga.

Semoga bermanfaat.