Loading...

5 Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Penulis: Ardila Chaka Rubrik: Wedding

tips-menghemat-biaya-pernikahan

TERUSKAN.COM – Pernikahan merupakan saat penyatuan dua insan yang saling jatiuh cinta agar menjadi satu untuk selamanya dalam segala suka maupun duka. Pesta pernikahan hanya akan terjadi sekali seumur hidup.

Momen yang hanya sekali itu akan menjadi saat bahagia yang tak akan terlupakan oleh mempelai. Oleh karena itu, perlu persiapan matang demi kesuksesaan perayaan pernikahan.

Loading...

Sebagian orang beranggapan bahwa pesta pernikahan yang berkesan harus mewah dengan biaya yang fantastis. Namun, anggapan demikian tidak selamanya benar. Ada banyak jalan untuk mendapatkan kesan mewah dari pesta pernikahan, tetapi dengan biaya minimalis.

Berikut merupakan beberapa tips membuat pesta pernikahan yang berkesan tetapi hemat biaya.

1. Tentukan Lokasi

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan merayakan pernikahan ialah mencari lokasi perayaan. Apakah akan melaksanakannya di rumah, di gedung, di kebun, atau di mana?

Apabila memilih di rumah, berarti dana Anda akan aman karena tidak perlu uang sewa. Jika memilih di gedung atau di tempat lain yang membutuhkan biaya sewa, survei dulu beberapa lokasi.

Dari beberapa lokasi yang disurvei, pilih yang paling hemat, tetapi memberi banyak keuntungan. Jika bisa, carilah gedung yang menyediakan paket pernikahan sehingga dengan biaya minimal Anda sudah bisa mendapatkan katering, dekorasi, tata rias, dan sebagainya.

2. Tentukan Jumlah Undangan

Menentukan jumlah undangan sangat penting terkait dengan makanan yang akan disediakan. Apalagi jika makanan yang akan disajikan tidak masak sendiri, tetapi katering.

Anda dan pasangan harus menentukan betul berapa jumlah undangan dan siapa saja yang akan diundang. Jika tidak terlalu banyak, usahakan makanan dimasak sendiri sehingga biaya lebih hemat.

Selain itu, menentukan jumlah undangan berpengaruh pada banyaknya undangan yang akan dicetak dan jumlah souvenir yang harus disediakan.

Saat ini, Anda bisa menghemat biaya cetak undangan dengan mengirim undangan melalui media sosial. Souvenir pun telah tersedia beragam pilihan, bisa dicari-cari yang memberikan harga terjangkau.

tips pernikahan bahagia

3. Buat Rincian

Setelah selesai dengan urusan lokasi dan jumlah undangan, ada baiknya segera membuat anggaran biaya. Pastikan daftar harga yang ditulis sesuai dengan harga nyata. Boleh dilebihkan sedikit, tetapi jangan sampai dikurangi dari harga asli.

Setelah semua dana terkait barang yang harus disiapkan atau dibeli sudah masuk daftar harga, lihat anggaran biaya yang dimiliki. Jangan sampai uang Anda ternyata masih kurang banyak untuk menutup semua keperluan.

Jika begitu, coba baca ulang daftar barang yang dibeli dan diperlukan. Apabila ada yang bisa dikurangi atau dihilangkan, jangan segan untuk melakukannya.

4. Padatkan Acara

Banyak pasangan yang membedakan acara akad nikah dengan resepsi. Dengan demikian, berarti harus menyiapkan perayaan dua kali. Hal ini tentu membutuhkan ekstra biaya.

Oleh karena itu, padatkan saja acara pernikahan Anda dalam satu hari jika memang ingin menghemat. Setelah proses akad nikah berlangsung, Anda langsung melakukan acara resepsi.

Selain menghemat biaya, pemadatan jawal bisa menghemat waktu dan tenaga. Anda sudah tidak perlu pusing memikirkan perayaan di hari lain, tata rias, pakaian pengantin yang berbeda serta dekorasi pernikahan.

5. Hemat Baju Pengantin

Setiap pengantin pasti ingin tampil gagah dan cantik di hari bahagianya. Namun, tampil cantik dan gagahlah dengan biaya yang minimal. Belilah bahan pakaian di bulan-bulan turun harga. Carilah penjahit yang mau menjahitkan model bagus, tetapi dengan harga murah.

Selain itu, pengantin wanita bisa memilih desian kebaya yang tidka terlalu rumit karena biasanya kerumitan memengaruhi harga jahitan.