Loading...

Tips Dan Cara Membuat Sushi Sendiri

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Resep

sushi

TERUSKAN.COM – Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang dikenal hampir di seluruh dunia. Rasa yang khas membuat sushi masuk dalam daftar 50 Best Foods in The World menurut CNN Travel beberapa waktu lalu.

Istilah sushi sendiri berasal dari bentuk tata bahasa kuno yang tidak lagi dipergunakan dalam konteks lain. Secara harfiah, sushi berarti “ itu (berasa) masam”. Yah, ini tidak berlebihan mengingat sushi memang memiliki rasa yang sedikit asam.

Loading...

Rasa asam pada sushi berasal dari salah satu bahannya yaitu cuka. Selain cuka, bahan pokok lain yang dijadikan membuat sushi adalah nasi dan lauk (neta) yang bisa berupa makanan laut, daging ataupun sayuran mentah.

Banyak jenis sushi yang telah berkembang saat ini, tapi ada dua jenis sushi yang paling dikenal yaitu nigirizushi dan makizushi.

Nigirizushi merupakan jenis sushi yang paling tradisional, dibuat dengan meletakkan nasi di telapak tangan kiri lalu membentuknya dengan jari-jari tangan yang lain.

Sementara makizushi adalah jenis sushi yang berbentuk gulungan nasi berisi potongan mentimun, tamagoyaki dan neta (lauk) lain yang dibungkus lembaran nori. Nasi digulung dengan bantuan anyaman bambu bentuk persegi panjang yang oleh orang Jepang disebut juga dengan sudare.

Resep Dan Cara Membuat Sushi

Banyak orang menganggap membuat sushi itu susah dan ribet. Padahal sebenarnya membuat sushi tidaklah seribet yang dibayangkan. Anda bisa membuat sushi sederhana dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang banyak hanya dengan mengikuti resep berikut ini.

Bahan:

  • 20 sendok nasi pulen
  • 2 box rumput laut (nori)
  • 10 tetes cuka
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok makan air matang

Bahan isi:

  • 4 lembar daging asap
  • 6 potong chicken nugget bentuk stik, goreng
  • 1 buah timun, potong memanjang
  • 1 buah wortel, potong memanjang
  • 2 lembar telur dadar

Cara membuat:

1. Bagian pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan penggulung sushi yang terbuat dari anyaman bambu. Bentangkan selembar nori (rumput laut) dan tuangkan nasi yang telah dicampur dengan cuka, garam dan air Ratakan nasi dengan sendok hingga berbentuk lembaran pipih kurang lebih ½ cm.

2. Setelah nasi rata di atas penggulung, tahap selanjutnya yang Anda lakukan adalah dengan menyusun dan mengatur isi sushi yang telah disiapkan. Dua lembar daging asap, timun dan chicken nugget stick, wortel, lalu gulung hingga berbentuk padat.

3. Buka gulungan dan potong sushi sesuai dengan selera. Pisau yang digunakan hendaklah pisau yang tajam dan dioles sedikit minyak agar sushi tidak hancur saat dipotong.

4. Ulangi hal yang sama sampai semua bahan habis. Jika semua bahan sudah selesai dipotong, maka aturlah sushi di atas piring datar.

5. Sajikan sushi bersama kecap asin, wasabi ataupun mayonaise.

Tips:

Sebagai info, untuk isi sushi tidak mesti memakai bahan-bahan diatas. Anda bisa memakai sosis, ikan, cumi-cumi yang sudah dimasak ataupun bahan lainnya sesuai dengan selera Anda.

Untuk menyantapnya, lebih enak memakai tangan atau sumpit dengan mencelupkan sushi ke dalam kecap asin atau mayonaise.

**

Itulah tips dan cara membuat sushi sederhana yang bisa Anda bikin sendiri tanpa harus ke Jepang terlebih dulu dan juga tidak menuntut mengeluarkan banyak. Anda bisa menjadikannya camilan untuk waktu santai Anda dan keluarga.

Bagaimana? Sudah siap mencoba membuat dan mencicipi salah satu makanan terlezat di dunia ini?