Loading...

6 Kiat Sukses Memulai Bisnis Travel Mobil

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Bisnis

bisnis travel mobil

TERUSKAN.COM – Bisnis travel tergolong bisnis yang memiliki peluang yang besar. Meskipun setiap jenis transportasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dibandingkan dengan transportasi darat lain, travel tergolong lebih praktis, nyaman dan mudah.

Travel menyediakan layanan menjemput dan mengantarkan pelanggan langsung sampai di tempat tujuan bahkan penumpang bisa turun di depan rumah.

Loading...

Sementara transportasi darat antar kota lain seperti kereta api maupun bus hanya mengantarkan pelanggan pada titik pemberhentian tertentu misalnya sampai stasiun atau pun terminal.

Selain itu, travel juga menyediakan fasilitas yang memadai seperti AC dan mobil yang nyaman seperti mobil pribadi. Kelebihan lain yang tidak kalah penting adalah penumpang bisa leluasa, tidak berdesak-desakan dan tidak gaduh seperti halnya transportasi lain. Inilah yang menjadi alasan kenapa banyak masyarakat membutuhkan jasa travel mobil ini.

Dengan kondisi tersebut, travel bisa menjadi peluang usaha yang memiliki prospek besar bagi mereka yang berjiwa wirausaha tinggi.

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang ingin mencoba menjalankan bisnis travel ini, maka beberapa tips sukses menjalankan bisnis travel mobil berikut ini akan sangat berguna:

1. Siapkan modal

Untuk membuat bisnis rental mobil tentu saja membutuhkan modal yang lumayan. Tapi untuk langkah pertama Anda tidak perlu langsung membeli 10 atau 15 mobil, cukup dengan 2 atau 3 mobil dulu.

Tidak hanya modal uang, modal lain yang tidak kalah penting adalah kemauan, komitmen dan pengetahuan yang kuat. Tanpa kemauan dan komitmen, bisnis rental Anda tidak akan berjalan dengan baik.

Begitu juga pengetahuan, Anda perlu mengetahui dulu bagaimana prospek dan seluk beluk bisnis travel mobil ini.

2. Lokasi dan tempat yang strategis

Lokasi bisnis juga menentukan kesuksesan bisnis travel Anda. Mungkin bisnis tidak akan berjalan sempurna jika Anda membuka rental di daerah pedesaan dimana orang jarang bepergian.

Pilihlah lokasi di kota-kota besar yang memiliki banyak objek wisata. Ini akan berpeluang besar bagi kelancaran bisnis Anda.

3. Pilih jenis mobil

Untuk bisnis travel mobil, Anda tidak bisa menggunakan semua jenis mobil. Ada baiknya Anda terfokus pada satu atau dua jenis mobil.

Jenis mobil yang bisa Anda gunakan seperti minibus, bus besar, Avanza, Xenia, Innova, MPV, small SUV dan lain sebagainya.

Tapi biasanya pelanggan menyukai mobil dengan muatan banyak. Belilah jenis mobil yang irit dan efisien dengan bahan bakar. Yang perlu Anda perhatikan juga adalah seimbangkan dengan modal Anda.

4. Bangun tim sukses

Tim yang sukses juga akan sangat menentukan kesuksesan bisnis Anda. Jika bisnis yang Anda jalankan masih kecil-kecilan, maka Anda mulai saja dengan memilih sopir handal yang bisaAanda berikan kepercayaan (jika memakai jasa sopir) atau tim pemeliharaan mobil yang berpengalaman.

Jika usaha travel Anda semakin berkembang, maka Anda bisa menambah tim sukses Anda seperti menambah tim untuk administrasi dan lain sebagainya.

5. Strategi marketing

Bagian yang paling penting untuk kesuksesan bisnis travel mobil adalah bagaimana strategi marketing Anda. Buatlah brosur, spanduk, iklan di majalah, koran ataupun via online dan kartu nama untuk dibagikan kepada relasi atau pelanggan.

Tahap berikutnya yang tidak kalah penting adalah kerjasama dengan berbagai institusi bisnis seperti dengan berbagai hotel atau perusahaan tour and travel yang memungkinkan perusahaan Anda dipercaya untuk menangani urusan antar jemput tamu dan pelanggan mereka.

6. Meminimalisir resiko

Resiko pasti ada dalam setiap bisnis, termasuk juga bisnis travel mobil ini. Resiko yang bisa terjadi seperti kehilangan kendaraan, penipuan, keuntungan yang tidak mencapai target, sepinya pelanggan atau kerusakan.

Tapi Anda tidak perlu takut akan resiko tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah meminimalisir resiko.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko adalah dengan menggunakan jasa asuransi, pilih sopir yang bisa dipercaya, sistem administrasi yang jelas, mengetahui data dan siapa pelanggan dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk merawat dan memelihara mobil Anda agar resiko rusak bisa ditekan seminimal mungkin.

**

Itulah beberapa kiat sukses yang mungkin bisa membantu dalam membangun bisnis idaman Anda. Semoga bermanfaat.

(Gambar: economycarrentals.com)