Loading...

5 Langkah Menjadi Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Pendidikan

wisuda

TERUSKAN.COM – Kapan anda lulus? Kapan anda akan bekerja? Kapan anda akan membahagiakan orangtua? Seringkali kita mendapatkan pertanyaan seperti itu ketika berjumpa dengan teman lama ketika masih di SD, SMP, dan SMA. Belum lagi pertanyaan dari para tetangga dan pertanggungjawaban kepada orangtua.

Apalagi jika pertanyaan itu keluar dari teman seangkatan kita ketika kuliah. Dan mereka sudah lulus, sudah bekerja dan mampu membahagiakan orangtuanya sesuai harapan mereka.

Loading...

Hal yang pertamakali kita rasakan adalah perasaan malu bukan? Malu kepada teman, tetangga, orangtua, dan juga kepada diri sendiri.

Hal itu pastinya membuat kita merasa tertekan dan seolah-olah kuliah merupakan momok yang begitu menakutkan hingga mengakibatkan sindrom akut takut kuliah. Dan akhirnya, kuliah kita sedikit banyaknya akan terganggu dan berantakan.

Wah! Tentunya itu bukan yang kita semua harapkan.

Masa kuliah merupakan masa yang begitu singkat meskipun terbilang 4 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Coba bayangkan saja, berapa tahun anda menempuh pendidikan sejak SD hingga tamat SMA, hingga tidak terasa anda sedang proses kuliah, singkat bukan?

Namun demikian, tidak sedikit juga yang hanya membutuhkan waktu 3,5 tahun dan bahkan ada yang melebihi dari batas normal untuk mendapatkan gelar sarjana.

Dan itu semua kembali lagi kepada individu masing-masing. Yup! Betul, itu semua tergantung dengan niat, tekad, dan seberapa jauh perjuangannya.

Kendati demikian, sebaiknya kita tidak perlu khawatir akan hal itu. Karena dengan strategi yang tepat sasaran, target akan tertembak juga. Ini adalah beberapa langkah tepat menjadi mahasiswa lulus tepat waktu:

Rajin Belajar

Belajar merupakan hal mendasar dalam proses pendidikan. Sejak SD hingga SMA pun kita sudah mengalami proses belajar. Bahkan orang yang tidak masuk ke dalam dunia akademik sekalipun butuh belajar.

Belajar bisa kita dapatkan dari mana saja, oleh siapa saja, dan tentang apa saja. Selama pelajaran tersebut memberikan kebaikan dan manfaat baik bagi diri sendiri maupun oranglain, kenapa tidak?

Jika kita ingin memiliki wawasan yang luas, maka belajarlah dengan rajin, dengan sungguh-sungguh tentunya! Begitu pun jika kita ingin lulus kuliah tepat waktu. Mulailah untuk rajin belajar dari sekarang!

Rajin Masuk Kuliah

Jika kita ingin lulus kuliah tepat waktu, tentunya tidak akan cukup hanya karena rajin belajar saja. Karena walau bagaimanapun juga proses perkuliahan memiliki pengaruh yang besar.

Seperti sistematis absen yang mengharuskan kehadiran mahasiswa minimal 75% untuk dapat mengikuti UTS dan UAS. Apalagi untuk pra skripsi yang mengharuskan semua mata kuliah yang diambil telah dinyatakan lulus.

Dan untuk mencapai target lulus kuliah tepat waktu, tentu kita harus mengikuti semua aturan tersebut.

Mengerjakan Tugas Tepat Waktu

Dalam proses perkuliahan, selain adanya proses pembelajaran tentunya akan ada proses evaluasi. Di mana seorang dosen akan menilai sejauh mana mahasiswanya dalam menangkap semua proses pembelajaran. Termasuk di dalamnya adalah UTS, UAS, dan mengerjakan tugas.

Mengerjakan tugas tepat waktu sedikit banyaknya akan membantu bagi mahasiswa yang ingin cepat lulus. Karena pada dasarnya proses pembelajaran akan selalu diikuti dengan proses evaluasi.

Dan mengumpulkan tugas tepat waktu merupakan salah satu strategi yang jitu untuk lulus tepat waktu.

Menghormati Teman, Dosen, dan Orangtua

‘Hormati guru, sayangi teman, itulah tandanya murid berprestasi’, jelas sekali bahwa jika kita ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi haruslah demikian, seperti peribahasa atau lagu yang sering kita dengarkan itu kala tahun 90-an hingga 2000-an ketika masih di sekolah dasar.

Saling hormat menghormati akan memberikan jalan kemudahan ketika ingin cepat lulus kuliah. Ketika mahasiswa menghormati dosen maka dosen juga akan menghormati mahasiswa untuk tidak mempersulitnya.

Ketika kita saling menghormati sesama mahasiswa, setidaknya ada tempat untuk bertanya karena memiliki masalah yang sama dalam proses kuliah. Dan yang terakhir adalah menghormati orangtua sebagai bentuk ketaatan dan meminta doa restu kepadanya.

Rajin Berdoa

Berikhtiar sudah, melalui rajin belajar, rajin masuk kuliah, mengerjakan tugas tepat waktu hingga menghormati teman, dosen, dan orangtua. Dan setelah semua itu kita lakukan, tahap selanjutnya adalah dengan berdoa.

Dalam semua kepercayaan (agama) apapun tentunya berikhtiar tanpa dilengkapi dengan doa tidak akan menjadi lengkap. Maka dari itu doa merupakan urutan yang terakhir karena sebaiknya kita harus berusaha terlebih dahulu dan diiringi dengan berdoa.

**

Demikianlah langkah tepat menjadi mahasiswa lulus tepat waktu. Semoga segala sesuatu yang telah kita rencanakan menjadi terealisasikan dalam sebuah kenyataan. Tentunya dengan niat, tekad, dan kerja keras yang maksimal.