Loading...

7 Makanan Yang Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

Sirkulasi darah-manusia

TERUSKAN.COM – Tubuh yang sehat tentunya menjadi harapan semua orang. Berbagai pola hidup sehat adalah hal yang wajib untuk dilakukan oleh setiap manusia.

Gaya hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Seseorang hanya perlu berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang baik. Jika seseorang menerapkan pola hidup sehat, maka tubuh akan mengalami peningkatan kesehatan yang jauh lebih baik juga.

Loading...

Berbicara tentang pola hidup sehat, maka seseorang perlu mengonsumsi makanan yang sehat pula. Nah dari banyaknya jenis makanan yang ada, ada beberapa makanan yang mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah yang mengalir dalam tubuh.

Lalu makanan apa saja yang mampu memperlancar sirkulasi itu?

Darah menjadi cairan yang memiliki fungsi penting di dalam tubuh setiap makhluk hidup, terutama manusia. Darah yang mengalir dalam tubuh membawa oksigen dan sari makanan ke seluruh organ di dalam tubuh.

Agar darah mampu mengalir secara mulus ke seluruh bagian di dalam tubuh, anda tentunya harus bisa menjaga proses sirkulasi darah yang mampu berlangsung lancar.

Berdasarkan riset sebelumnya yang telah dilakukan, di bawah ini ada beberapa 7 makanan yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah:

1. Buah jeruk

Buah jeruk ini memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah yang kaya akan sumber vitamin C ini mampu mencegah penggumpalan darah, mencegah plak pada arteri serta memperkuat dinding kapiler.

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempahan yang dikenal sebagai bumbu dapur yang dapat melezatkan banyak masakan. Tidak hanya itu saja, bawang putih juga mampu membantu membersihkan darah dan mencegah plak pada dinding arteri.

3. Aneka buah merah

Buah merah seperti semangka, apel merah dan tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan likopen yang terdapat dalam buah-buahan tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

makanan untuk Sirkulasi darah manusia

4. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi ikan salmon ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah yang dialirkan ke seluruh bagian tubuh.

5. Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan serat yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan yang sama dengan ikan salmon yaitu asam lemak omega 3 yang mampu membantu memperlancar aliran sirkulasi darah di dalam tubuh.

6. Cokelat Hitam

Makanan ini mengandung flavonoid yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu fungsinya mampu membantu memperlancar sirkulasi darah yang dapat membantu pendistribusian ke semua organ tubuh.

7. Jahe

Jahe adalah satu tanaman obat yang memang diklaim sejak lama memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Selain untuk obat alternatif, jahe juga mampu membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

**

Itulah berbagai makanan yang bisa anda konsumsi untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Sangat mudah ditemukan bukan?

Jadi mulai sekarang anda bisa memasukkan 7 makanan di atas sebagai asupan harian anda. Dengan begitu anda akan mendapatkan banyak manfaatnya. Selain untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, ketujuh makanan di atas tentunya juga baik bagi kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat.