Loading...

6 Manfaat Hebat Mengonsumsi Bayam Secara Rutin

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

bayam

TERUSKAN.COM – Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki daun berwarna hijau. Bayam menjadi sayuran yang populer di kalangan masyarakat, pasalnya sayuran ini kerap diolah sebagai bahan makanan yang mampu menyehatkan tubuh.

Bayam adalah sayuran baik yang bisa dimasukkan ke dalam list sebagai asupan makanan harian anda. Apalagi mengingat banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, ditambah lagi jenis sayuran ini terbilang murah dan mudah didapatkan.

Loading...

Menurut riset, bayam memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja khasiat yang tersimpan di dalam sayuran hijau ini?

Bayam kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Seorang manusia tentunya memerlukan nutrisi dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Bayam kaya akan sumber vitamin seperti vitamin A, K, folat, mangan, serat, magnesium, kalsium, protein dan rendah akan kalori sehingga sayuran ini memang baik untuk tubuh anda.

Berbagai kandungan nutrisi itulah yang sekaligus menjadikan bayam sebagai salah satu makanan yang memiliki nutrisi lengkap. Tentunya belum lengkap rasanya jika anda hanya mengonsumsinya namun tidak tahu apa saja khasiat yang terkandung di dalam bayam.

Nah, di bawah ini ada beberapa khasiat bayam yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah kanker secara efektif

Bagi sebagian orang, tentunya kanker menjadi penyakit yang mematikan. Untuk itulah banyak orang yang merasa takut akan penyakit ini.

Mengonsumsi bayam secara rutin dapat mencegah anda terhindar dari kanker karena bayam mengandung flavanoid yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, seperti kanker payudara yang pada umumnya menyerang para wanita.

2. Menjaga kesehatan organ jantung

Pola hidup yang tidak sehat tentu akan memicu penyakit jantung dan berpotensi terkena serangan jantung. Oleh karena itulah, anda bisa mulai secara rutin mengonsumsi sayuran bayam.

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam bayam tentunya mampu menjaga kesehatan organ jantung anda.

3. Meningkatkan memori dan kesehatan otak

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka tentu akan membuat kemampuan mereka dalam mengingat sesuatu pasti akan berkurang. Oleh karena itulah, untuk menyehatkan serta meningkatkan daya memori otak, maka anda bisa menjadikan bayam sebagai asupan utama anda.

resep sayur bening bayam

4. Menjaga kesehatan organ mata

Bayam adalah sumber vitamin A yang baik untuk penglihatan. Sama seperti wortel, bayam memiliki kandungan yang mampu menjaga kesehatan mata anda.

5. Menyehatkan organ pencernaan

Bayam mengandung serat yang tinggi sehingga efektif untuk menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pada pencernaan. Dengan begitul anda pun akan terhindar dari sembelit maupun susah buang air besar.

6. Menutrisi tulang dan sendi

Kandungan kalsium yang terdapat dalam bayam dapat menguatkan tulang tubuh sehingga hal tersebut akan membantu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis dini.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dan khasiat yang dimiliki bayam. Banyak bukan? Nah kandungan nutrisi dan vitamin di dalam bayam sendiri memang baik bagi kesehatan tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk anda. Dengan mengkonsumsi bayam, anda pun akan mendapatkan tubuh yang sehat dan jauh dari penyakit.

Semoga bermanfaat.