Loading...

7 Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

mencegah-penyakit-jantung

TERUSKAN.COM – Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran yang sangat vital. Mengapa vital? Hal ini lantaran fungsi jantung sendiri adalah sebagai organ pemompa darah yang akan memompakan darah ke seluruh tubuh dan darah ini jugalah yang membawa nutrisi serta oksigen yang nantinya akan didistribusikan ke tubuh.

Dengan peran vitalnya inilah tentu anda tidak bisa membayangkan jika jantung tidak befungsi atau tidak sehat lagi.

Loading...

Lalu, apa saja sih tanda-tanda jantung sudah tidak sehat? Sebenarnya ada sejumlah tanda-tanda awal di mana organ jantung anda sudah tidak berada dalam kondisi yang tidak sehat lagi. Hal ini bisa diketahui dari beberapa gejala awal yang biasanya ditunjukan di beberapa bagian tubuh.

Berikut ini ada 7 tanda jantung tidak sehat, antara lain :

1. Disfungsi ereksi

Salah satu tanda bahwa jantung anda sudha tidak sehat adalah disfungsi ereksi. Jadi saat anda mengalami gejala disfungsi ereksi, ini adalah sebuah tanda bahwa organ jantung anda sudha mulai tidak sehat.

2. Mendengkur

Tanda kedua jantung anda tidak sehat yakni saat anda mendengkur ketika anda tertidur. Jadi saat anda tidur di malam hari dan anda mendengkur, ini menjadi tanda-tanda bahwa jantung anda sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat.

3. Rasa sakit pada gusi

Tanda-tanda awal berikutnya yakni rasa nyeri yang melanda gusi. Selain itu, anda juga mengalami pembengkakan pada gusi hingga terjadinya pendarahan pada gusi.

Jika gejala-gejala ini terjadi pada anda, mungkin bisa menjadi salah satu ciri bahwa jantung anda tidak sehat. Jadi jika anda mengalami rasa nyeri pada gusi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

4. Pembengkakan pada kaki maupun tangan

Tanda-tanda keempat yakni pembengkakan pada kaki, pergelangan tangan, kaki atau jari-jari. Jika hal ini terjadi pada anda, mungkin ini pertanda bahwa kondisi jantung anda memang sedang tidak stabil.

detak-jantung-sehat

5. Denyut jantung tidak teratur

Jika denyut jantung anda tidak teratur maka ini bisa menjadi suatu indikasi bahwa jantung anda berada dalam kondisi yang tidak sehat.

6. Nyeri pada dada dan bahu

Kondisi jantung yang tidak sehat juga ditunjukkan dengan tanda rasa nyeri pada dada dan bahu. Jika anda merasakan kedua rasa nyeri tersebut, mungkin ini adalah indikasi kuat bahwa jantung anda sedang tidak sehat

7. Sesak nafas

Tanda jantung dalam kondisi yang tidak sehat yakni saat anda mengalami sesak nafas. Jadi gejala sesak nafas adalah sebuah sinyal bahwa kondisi jantung anda sedang tidak sehat.

**

Demikianlah beberapa tanda jantung anda tidak sehat. Jantung memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia sehingga penting dijaga kesehatannya.

Jika jantung tidak dirawat dengan baik, maka tubuh anda pun akan dengan mudah terserang penyakit. Oleh karena itulah anda disarankan untuk terus menjaga jantung anda seperti dengan menerapkan pola hidup sehat, berolahraga secara rutin serta menjauhi rokok.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, maka tentu akan dengan mudah bagi anda untuk mendapatkan hidup yang sehat. Organ jantung anda juga akan selalu terjaga kesehatannya sehingga akan mencegah resiko serangan jantung yang dapat mematikan.

Semoga bermanfaat.