Loading...

6 Jenis Makanan Perusak Sistem Kekebalan Tubuh

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

kekebalan tubuh

TERUSKAN.COM – Sistem kekebalan tubuh  sangat penting untuk membuat Anda tetap dalam kondisi yang sehat. Saat sistem kekebalan tubuh melemah dapat menimbulkan beberapa masalah besar untuk Anda.

Serangan virus dan penyakit akan lebih mudah masuk saat sistem kekebalan tubuh atau imun menurun dan melemah. Imun yang melemah tidak hanya disebabkan karena kurangnya mengonsumsi makanan sehat, melainkan bisa juga disebabkan karena Anda salah mengonsumsi makanan.

Loading...

Untuk beberapa jenis makanan mungkin tidak merusak secara langsung melainkan secara perlahan dan bertahap sehingga nantinya akan merusak seluruh sistem kekebalan tubuh.

Makanan apa saja yang akan merusak sistem kekebalan tubuh Anda ? Yuk,simak artikel di bawah ini.

1. Minuman Soda

Minuman bersoda dipercaya akan merusak sistem kekebalan tubuh Anda bahkan akan menyebabkan lebih banyak masalah lain seperti  merusak saluran usus dan membuat kuman lebih mudah masuk ke dalam tubuh saat sistem kekebalan benar-benar menurun.

2. Kafein dan Alkohol

Nah, Anda mungkin sering mengonsumsi minuman berkafein untuk membuat Anda tetap terjaga selama berjam-jam, tetapi Anda harus sadari apa yang terjadi ketika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak.

Kafein tidak hanya akan mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga merugikan dan menghancurkan sistem kekebalan tubuh secara permanen.

3. Makanan Yang Mengandung Asam

Hindari makanan yang memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Makanan atau cemilan yang memiliki rasa asam cukup tinggi akan menyebabkan kerusakan di sepanjang lapisan saluran pencernaan sehingga akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Rasa asam yang harus dihindari ini hanya berlaku untuk makanan atau cemilan saja, sedangkan rasa asam yang terdapat pada buah tidak akan merusak sistem kekebalan tubuh Anda.

Tetapi jika Anda mengonsumsi buah dengan rasa asam yang berlebih, mungkin saja akan memberikan rasa sakit pada bagian perut Anda.

sistem kekebalan tubuh

4. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang dalam jumlah yang cukup banyak, akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih cepat menurun.

Terlebih jika kacang yang dikonsumsi tidak dibersihkan dengan baik, maka akan memudahkan kuman masuk ke dalam tubuh sehingga akan menyebabkan masalah pencernaan atau sakit perut.

5. Gula

Mengonsumsi gula sebanyak 100 gram gula yang biasanya berasal dari soda, yoghurt, dan permen dapat menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri hingga lima jam, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Amerika Clinical Nutrition.

Oleh karena itu, hindari makanan yang menggunakan gula tambahan sebanyak mungkin, terutama saat musim dingin dan flu.

6. Makanan Kaleng

Bisphenol A, atau BPA yang banyak terdapat pada makanan kaleng tidak hanya berbahaya untuk tubuh melainkan  dapat merusak sel tubuh.

Karena itu, sebaiknya kurangi mengonumsi makanan beku dan dingin untuk mengurangi resiko kerusakan kekebalan tubuh atau sistem imun.

**

Demikian beberapa jenis makanan yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, baik secara langsung atau secara perlahan. Karena itu, konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mengurangi resiko turunnya kekebalan sistem imun atau kekebalan tubuh.