Loading...

7 Tips dan Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

mata sehat

TERUSKAN.COM – Mata adalah jendela dunia. Ungkapan tersebut memang benar adanya. Salah satu anggota tubuh sekaligus panca indera yang satu ini begitu besar perannya dalam kehidupan kita.

Tak hanya dari segi kesehatan, namun jika segi penampilan. Tak asing lagi jika kita mendengar mata yang sehat dalam artian tidak mengalami gangguan apapun merupakan salah satu syarat utama untuk melawar pekerjaan.

Loading...

Kondisi lingkungan yang tidak sehat saat ini serta karena ada pengaruh secara genetis, menyebabkan kondisi mata bagi beberapa orang tidaklah normal dan mengalami gangguan seperti minus, plus serta gangguan penglihatan lainnya yang tentu sangat menganggu.

Fasilitas untuk membantu penglihatan mulai dari kaca mata, kontak lensa hingga operasi khusus untuk membuat mata kembali ke kondisi normal memang sangat membantu mereka yang mengalami gangguan mata ini.

Selain beberapa cara tadi, terdapat pula beberapa tips dan langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gangguan penglihatan, sekaligus mencegah timbulnya gangguan mata yang lebih parah.

1. Riwayat Gangguan Penglihatan

Meskipun kondisi mata Anda saat ini tergolong baik-baik saja, Anda dapat mencari informasi dari anggota keluarga apakah mereka memiliki riwayat gangguan penglihatan.

Hal ini dapat membuat Anda lebih waspada akan resiko gangguan penglihatan yang bisa saja terjadi.

2. Menjaga Jarak Pandang

Di jaman dimana kita tak bisa hidup tanpa ‘layar’, kesehatan mata pun menjadi berisiko karena kita sering menghabiskan banyak waktu menonton TV, bermain perangkat digital dan lain sebagainya.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menjaga jarang pandang kita terhadap layar, dimana jarak idealnya adalah 50-100cm. Hal ini dapat mengurangi resiko mata terkena gangguan miopi atau rabun dekat.

3. Jangan Sering Mengucek Mata

Ada sebagian orang yang senang mengucek mata karena rasa nyaman yang ditimbulkan atau itu adalah cara yang biasa dilakukan jika terasa ada yang mengganjal di dalam mata.

Cara ini dapat berakibat buruk pada mata seperti iritasi ringan hingga infeksi karena kondisi tangan yang kotor dan gosokan yang terlalu kuat pada mata.

Sebaiknya basuh dengan air bersih maupun dengan cara alami seperti mengeluarkan air mata untuk membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada mata Anda.

4. Berikan Waktu Istirahat

Jika dalam sehari Anda menghabiskan banyak waktu berada di depan layar, baik komputer, televisi maupun perangkat digital lainnya, sebaiknya berikan mata Anda waktu istirahat sejenak.

Berikan jeda sewaktu Anda beraktivitas di depan layar selama setidaknya 30 menit.

5. Mengonsumsi Vitamin A

Vitamin A diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu sebaiknya Anda rajin dalam mengonsumsi vitamin A baik dalam bentuk alami seperti pada buah dan sayuran, atau dengan suplemen khusus.

6. Menggunakan Pelindung Mata

Jika Anda sering berada di luar, gunakan pelindung mata seperti kacamata, topi dan alat lainnya yang dapat menjaga mata Anda dari debu dan resiko bahaya lainnya terutama ketika Anda berkendara dan berolahraga.

7. Periksa Mata dengan Rutin

Jika Anda merasa bahwa penglihatan Anda mengalami gangguan, jangan tunggu lebih lama lagi untuk segera memeriksakan kondisi mata Anda di dokter mata.

Bannyak kasus dimana kondisi mata yang terganggu cenderung dibirkan dan pada akhirnya mata sudah dalam kondisi yang buruk.

***

Itulah 7 tips sederhana yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata. Mata adalah salah satu tubuh yang sangat berharga. Kita dapat melihat keindahan dunia dengan beragam warna karena memiliki mata yang sehat. Jadi alokasikanlah waktu di antara kesibukan anda untuk menjaga kesehatan mata.

Semoga bermanfaat.