Loading...

Ini Dia, 4 Cara Alami Untuk Menghilangkan Panu

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Cara Menghilangkan Panu

TERUSKAN.COM – Anda mengenal panu bukan? Penyakit kulit yang satu ini memang sangat mengganggu karena selain rasa gatal yang ditimbulkan, panu juga dapat menganggu penampilan karena identik dengan kondisi yang kurang bersih sehingga timbullah jamur pada kulit.

Panu atau yang disebut dengan Tinea versicolor ini disebabkan oleh jamur Candida albicans yang menimbulkan bercak putih, coklat hingga merah dan dikelilingi oleh lingkaran semacam cincin yang akan terasa sangat gatal terutama jika kondisi kulit sedang lembab dan berkeringat.

Loading...

Panu biasa muncul pada beberapa anggota tubuh dalam bentuk pipih atau tidak timbul seperti pada daerah punggung, lengan, kaki, leher, wajah hingga kepala.

Jika tidak segera diobati, panu akan menjadi semakin besar dan menyebar ke tubuh bagian lainnya. Selain itu, panu juga mudah menular melalui penggunaan barang yang sama yang telah terkena jamur atau karena bersentuhan.

Saat ini mengatasi panu tidaklah sulit karena di pasaran terdapat banyak obat anti jamur yang dapat digunakan untuk menyembuhkan panu. Akan tetapi, jika Anda lebih memilih untuk menyembuhkan panu dengan cara alami, berikut kami bagikan caranya.

1. Bawang Putih

Ya, bawang putih tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu untuk memasak dan masalah kulit seperti jerawat.

Bawang putih dapat Anda manfaatkan pula untuk menyembuhkan panu dengan cara memotong bawang putih menjadi dua bagian dan menggosokkan bagian dalam dari bawang putih ke bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan setidaknya dua kali sehari hingga jamur menjadi kering dan mengelupas.

2. Lengkuas

Salah satu jenis penyedap masakan ini juga dapat menghilangkan panu. Tak jauh berbeda dengan bawang putih, potong lengkuas yang masih dalam keadaan segar dan oleskan bagian dalam lengkuas pada bagian tubuh yang terdapat panu.

Lakukan secara rutin terutama setelah mandi dan dalam beberapa hari panu akan teratasi.

cara-menghilangkan-panu-secara-cepat-dan-alami

3. Belerang dan Jeruk Nipis

Belerang sering digunakan sebagai salah satu obat penyakit kulit yang salah satunya adalah jerawat membandel. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengobati panu.

Haluskan belerang dan kemudian potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian kecil. Celup bagian dalam jeruk nipis dalam belerang sehingga menempel dengan sempurna lalu gosokkkan pada bagian tubuh yang terkena panu.

Lakukan cara ini dengan rutin terutama setelah mandi untuk mengatasi panu dengan cepat.

4. Kapur Sirih dan Belimbing Wuluh

Kapur sirih dan belimbing wuluh juga dapat menjadi salah satu obat alami yang jitu menyembuhkan panu. Caranya cukup mudah.

Haluskan blimbing wuluh lalu campurkan dengan air kapur sirih. Aduk hingga tercampur rata dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu, biarkan hingga meresap dan mengering.

Cara ini dapat Anda lakukan minimal 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

***

Itulah 4 tips dan cara alami mengobati panu yang membandel. Selalu jaga kebersihan kulit Anda dan pastikan kulit tidak berada dalam kondisi lembab dan kotor dalam waktu yang cukup lama.

Selamat mencoba!