Loading...

5 Kesalahan Sarapan Pagi Yang Harus Dihindari

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Selama ini banyak laporan bermunculan yang saling bertentangan satu sama lain mengenai  sarapan di pagi hari dan makanan paling penting dikonsumsi setiap harinya. Namun, apa pun penjelasan yang pernah anda baca atau dengar, melakukan sarapan pagi sebelum beraktivitas sangatlah baik bagi tubuh anda.

Mungkin anda akan berpikir bahwa, semalaman anda telah beristirahat, namun otak anda tidak, begitu pula dengan tubuh. Anda pun masih membakar energi selama tidur. Banyak orang mengabaikan sarapan pagi untuk berbagai alasan, minimnya waktu merupakan alasan paling sering diungkapkan. Mereka mengambil makanan apa saja yang ada, dan langsung memakannya.

Nah, berikut adalah beberapa kesalahan mengenai sarapan pagi yang perlu anda hindari dilansir Magforwomen.com.

Loading...

5 Kesalahan Sarapan Pagi Yang Harus Dihindari

Tidak sarapan sama sekali

Tidak sedikit pun menyantap sarapan di pagi hari adalah kesalahan pertama yang mesti anda hindari. Jika tak memiliki banyak waktu pada pagi hari sarapan, siapkan bahan-bahan sarapan sejak malam hari atau paling tidak putuskan apa yang ingin anda makan pada esok pagi.

Dengan perencanaan yang baik sejak malam hari, anda pun akan terhindar untuk mengambil makanan apa pun untuk dimakan. Jika ingin ringkas, beli dan simpanlah buah untuk dijus atau sereal ringan, sehingga anda bisa menyelesaikan sarapan dalam hitungan menit.

Makan terlalu banyak saat sarapan

Sarapan pagi sangat penting, namun bukan berarti anda bisa makan sepuasnya seperti orang tak makan beberapa hari. Sarapan pagi yang sehat adalah keharusan, namun bukan berarti pula, anda bisa menyimpan bahan-bahan makanan yang cenderung berat untuk pagi hari. Sarapan pagi terlalu berat berpotensi membuat anda malas dan mengantuk, bahkan sebelum aktivitas anda berakhir.

Makan sarapan yang sama tiap pagi

Anda bisa makan sereal dan minum susu setiap pagi, karena merupakan jenis makanan paling nyaman dan tak terlalu menyita waktu anda terlalu banyak.

Meskipun, sereal dan susu baik untuk anda, namun anda pun tak bisa terus menerus mengonsumsinya setiap hari. Tak hanya membuat anda kehilangan nutrisi dari sumber makanan lainnya, tapi juga bisa membuat anda jenuh.

Terlalu banyak konsumsi jus dan air

Makanan perlu dikunyah secara benar sebelum anda menelannya dan masuk pencernaan. Langsung meminum jus dan air setelah makan berpotensi membuat anda tersedak dan mengakibatkan proses pencernaan lebih lamban. Makanlah dengan perlahan hingga selesai, dan tunggulah beberapa menit, lalu anda bisa mengambil minuman anda. Bagaimana pun anda harus tetap menjaga kesehatan agar mampu melakukan hal apapun yang anda inginkan.

Makan terburu-buru

Banyak orang terbangun setengah atau sejam sebelum mereka berangkat kerja. Kebiasaan buruk terlambat bangun tidur, akan membuat anda hanya makan sedikit sekali atau bahkan membeli jajanan di luar dan dimakan sambil berjalan.

Hal itu tak hanya berisiko membuat makanan anda jatuh atau tumpah, namun juga akan menelan banyak energi anda ketika makan dengan cara seperti itu. Anda pun akan cepat merasa lapar dan cenderung membuat anda ingin makan sepuasnya pada saat siang harinya.