Loading...

Penyebab Stress dan Cara Mengatasinya

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM Stress atau deperesi merupakan gejala yang sering dialami oleh orang- orang yang memiliki intensitas kegiatan yang tinggi. Seperti bekerja misalnya, bekerja dengan intensitas yang tinggi akan mengakibatkan seseorang mengalami depresi karena terus menerus menguras tenaga yang banyak tanpa adanya istirahat yang cukup.

Selain tenaga yang dikeluarkan ternyata pikiran pun ikut terlibat dalam gelaja stress yang sering dialami banyak orang. Benar! Terkadang bagi orang yang tidak memiliki intensitas kegiatan yang tinggi sekalipun dapat terserang gejala stress. Hal ini diakibatkan karena kurangnya aktivitas jasmani namun cenderung lebih aktif dalam aktivitas rohani (pikiran).

Penyebab Stress dan Cara Mengatasinya

Loading...

Contoh kecilnya saja bagi sebagian orang yang tidak memiliki pekerjaan akan cenderung banyak melamun dan berpangku tangan saja hingga akhirnya mengalami depresi yang hebat tanpa melakukan perbuatan apa-apa.

Di samping itu, ternyata hal-hal yang menjadi faktor terjadinya gejala stress adalah seperti masalah sosial dan masyarakat. Contoh dari permasalahan tersebut adalah: jika seseorang mempunyai usaha, kemudian usahanya bangkrut, dan setelah itu ia memiliki hutang yang cukup besar, kemudian tidak mampu untuk membayarnya, akhirnya dirinya mengalami depresi hingga berujung pada stress. Lagi-lagi stress dipengaruhi oleh dua unsur, yaitu unsur rohani dan jasmani.

Banyaknya aktivitas dan banyaknya memikirkan hal-hal yang berat, tentunya akan membuat badan dan pikiran terganggu. Nah! Dari situlah gejala-gejala stress akan dapat menyerang siapa saja.

Namun demikian, stress ini masih dapat kita hindari dengan melakukan beberapa aktivitas yang sedikit banyaknya dapat membantu mengurangi gejala stress yang sering dialami banyak orang.

Ini dia beberapa cara dalam mengatasi stress:

Sempatkan Berolahraga

Berolahraga merupakan kegiatan yang positif dan dapat menghilangkan stress. Berolahraga selain dapat menyehatkan badan, ternyata dapat menyegarkan pikiran.

Karena ketika kita berolahraga badan menjadi banyak bergerak dan sirkulasi pernapasan akan menjadi lancar, karena oksigen yang masuk melalui hidung dan pori-pori kulit hingga akhirnya terjadinya peregangan pada badan dan pikiran menjadi fresh kembali.

Memanjakan Diri

Karena aktivitas yang banyak dan tanggungjawab pekerjaan yang berat akhirnya kita sering melupakan tentang kebutuhan yang sebetulnya sangat kita perlukan. Memanjakan diri merupakan jalan terbaik untuk mencegah terjadinya stress.

Banyak cara untuk memanjakan diri sendiri di antaranya: mandi selepas pulang kerja, kuliner, nonton, ngemil, main game atau mungkin sekedar bermain bersama keluarga.

Rekreasi

Rekreasi atau liburan, atau juga bisa disebut jalan-jalan adalah alternatif yang baik untuk kita coba dalam mengatasi stress. Sempatkan untuk melakukan rekreasi seminimal mungkin sebulan sekali jika ada waktu luang disela-sela pekerjaan yang begitu padat.

Rekreasi akan menyegarkan suasana, pikiran, dan rasa penat selama melalui pekerjaan yang berat di kantor. Dengan adanya rekreasi hidup akan seimbang antara bekerja dan kebutuhan.

Konsultasi Kepada Orang yang Dipercaya

Curhat, mungkin ini adalah kata yang tepat yang dapat kita gunakan untuk mengganti kata konsultasi. Menceritakan kejadian berat yang kita alami kepada oranglain, tentunya orang yang dapat kita percaya akan meringankan beban mental sekaligus pisik.

Karena dengan mengeluarkan emosi, beban pikiran, permasalahan-permasalahan pribadi maupun tentang pekerjaan akan mengurasi rasa resah, gelisah, dan takut, hingga akhirnya kita dapat mengatasi stress yang tidak kita inginkan.

Mendekatkan Diri Kepada Agama

Ini adalah cara terakhir dalam mengatasi stress. Setelah kita melakukan berbagai cara untuk mengatasi stress dan kemudian masih saja tidak berhasil. Maka, jalan yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mendekatkan diri kepada agama.

Dalam sebuah agama tentunya mengajarkan tentang bagaimana seharusnya kita menyikapi kehidupan ini dengan baik, dan berbuat dengan seharusnya kita perbuat, selain itu agama akan memberikan keteduhan hati dan rasa nyaman dalam menjalani kehidupan.

**

Demikianlah beberapa cara dalam mengatasi stress. Sebetulnya stress adalah akibat dari terlalu banyaknya beban yang ditanggung seseorang (pekerjaan dan pikiran) namun tidak dapat untuk disalurkan sebagaimana mestinya. Hingga akhirnya beban itu akan menjadi permasalahan yang besar bagi keadaan seseorang itu sendiri.

Dengan kata lain bahwa stress itu bisa untuk kita cegah melalui aktifitas yang positif dan hidup yang seimbang antara pekerjaan dan kebutuhan. Semoga membantu ya.