Loading...

4 Hal Penting Ketika Memelihara dan Merawat Kucing

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Fun

TERUSKAN.COM – Binatang terkadang bisa menjadi teman yang sangat baik ketika kita mendapatkan sebuah masalah. Bahkan, tak sedikit pula orang yang mencurahkan cerita atau kisah sedihnya kepada si hewan peliharaan.

Akan tetapi, apakah kita sebagai majikan sudah memahami keadaan hewan peliharaan kita tersebut? Apakah kita memastikan bahwa peliharaan tersebut sudah dalam kondisi baik atau belum? Dan apakah perawatan yang kita berikan sudah maksimal atau belum?

Jangan sampai Anda hanya senang bermain dengan peliharaan Anda saja, namun kurang memerhatikan dan kurang memahami bagaimana seharusnya perawatan hewan peliharaan tersebut.

Loading...

4 Hal Penting Ketika Memelihara dan Merawat Kucing

Berikut ini akan saya bahas beberapa cara merawat hewan peliharaan khususnya kucing, di sini akan saya bahas hal-hal yang umum saja yang masih banyak diabaikan oleh pemilik hewan.

PAKAN

Baiklah! Pertama, apabila Anda suka dengan kucing atau  memelihara kucing di rumah, maka yang harus diperhatikan tentu saja makanannya. Ya, ada beberapa kucing yang hanya makan pakan yang tersedia di toko, namun ada juga kucing yang bisa makan apa saja.

Seperti dua kucing yang ada di rumah saya, kucing pertama bisa makan apa saja, namun tetap saya batasi karena jika semua dia makan, itu tidak baik untuk pencernaannya. Selain itu, pernah terjadi serangan jamur pada kulitnya yang menyebabkan bulunya rontok di beberapa bagian.

Untuk kucing kedua saya, dia hanya makan pakan yang biasa dijual di toko hewan. Akan tetapi, tak smua pakan ia suka, ia hanya bisa mengonsumsi pakan herbal dan pakan dengan komposisi ikan saja. Jadi, di sini Anda harus paham makanan mana yang disukai dan makanan mana yang tak disukai oleh si kucing.

VAKSIN & DOKTER

Selain makanan, vaksin juga tentunya harus rutin dilakukan kepada si kucing, untuk kucing saya biasanya diberikan vaksin satu atau dua bulan sekali. Selain itu, jika kucing Anda mengalami keanehan, seperti susah makan atau terserang penyakit, maka segeralah bawa ke dokter hewan.

Jangan terlalu lama dibiarkan, karena ditakutkan akan menular pada hewan lain dan keadaannya semakin parah.

MANDI

Untuk masalah memandikannya, biasanya hanya dilakukan satu atau dua minggu sekali. Ketika umurnya masih di bawah empat bulan, selalu saya mandikan dengan air hangat. Namun, karena sekarang usianya sudah hampir satu tahun, maka bisa dimandikan dengan air dingin.

Akan lebih bagus jika kucing tersebut dimandikan di pagi hari, sehingga ketika selesai dimandikan kucingnya bisa dijemur sebentar, hingga bulu-bulunya kering. Dan setelah itu bisa diberikan bedak, agar lebih bersih dan tak ada kutu atau jamur yang menempel.

JANGAN TERUS MENERUS DI KURUNG/DIIKAT

Jika Anda berada di rumah, sebaiknya kucingya dilepaskan dari kandang atau dari ikatan. Biarkan si kucing bebas dan bermain di sekitar rumah, jadi jangan terus menerus di kurung dalam kandang atau diikat. Kenapa? Karena bagaimanapun juga kucing akan merasakan stres jika terus menerus di kurung dan diikat dalam kandang.

Selain itu, dengan diberikan kebebabasan akan melatih kebiasaan si kucing untuk tidak membuang air dan kotoran sembarangan.

Ya, kebanyakan orang hanya mengurung kucing mereka di kandang dan menyediakan wadah berpasir untuk kotoran sang kucing. Padahal, akan lebih bagus jika si kucing dilatih untuk membuang kotoran di WC atau di tanah, sehingga insting dia sebagai kucing tetap terpakai.