Loading...

3 Langkah Membuat Semur Jengkol

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Anda tahu jengkol? Ya, makanan yang kata orang sangat bau dan memberikan efek yang tidak nyaman pada pernafasan kita karena baunya tersebut.

Di beberapa derah, jengkol biasa dikonsumsi sebagai lalapan, tumisan, sambel dan bahkan ada juga tempat makan yang menyediakan nasi goreng jengkol dalam menunya.

Anda tidak penasaran bagaimana rasa jengkol tersebut? Sebenarnya, jengkol bisa diolah menjadi masakan yang cukup nyaman di lidah. Salah satu menu masakan yang menjadikan jengkol sebagai bahan dasarnya adalah semur jengkol.

Loading...

Nah, jika belum pernah mencobanya, mungkin ini saatnya bagi Anda untuk kembali bereksperimen dengan bahan masakan yang baru ini.

Baiklah langsung saja kita bahas, membuat semur jengkol dalam tiga langkah mudah.

jengkol

1. Tahap Merebus

Sebelum menjadi masakan semur tentu jengkol tersebut harus melalui beberapa tahap terlebih dahulu, yang pertama tentu saja tahap perebusan. Proses ini sangat penting, karena jika tidak direbus sebelum diolah maka ketika dimakan jengkol akan keras dan rasanya tidak enak.

Jadi, sebaiknya jengkol yang akan dijadikan semur tersebut merupakan jengkol yang sudah tua atau sudah matang, lalu kemudian direbus dalam air mendidih hingga menjadi empuk.

Oh ya, jangan lupa untuk mengupas cangkang jengkolnya ya, agar ketika selesai direbus Anda bisa langsung menumbuknya tanpa harus melepaskan lagi cangkangnya.

Jika sudah empuk, maka saatnya bagi Anda untuk menumbuk jengkol tersebut. Akan tetapi, jangan sampai Anda menumbuknya hingga lembek, proses menumbuk ini hanya bertujuan untuk memipihkan ukuran jengkol dan membuat tekstur jengkol menjadi lebih empuk lagi.

2. Tahap Mengolah Bumbu

Jika jengkolnya sudah direbus dan sudah ditumbuk, maka tahap kedua adalah pembuatan bumbunya. Apa sajakah bahan untuk semur jengkol? Berikut adalah bahannya:

  • Kayu manis sebesar dua buku jari kelingking
  • 1 ons kemiri
  • 1/8 pala (biasanya buah pala suka dijadikan manisan)
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Santan
  • Gula merah
  • Garam

Jika semua bahannya sudah siap, maka saatnya mengolah bahan tersebut.

semur jengkol

3. Tahap Membuat Semur Jengkol

Sekarang saatnya untuk membuat semur jengkol. Tumbuk bawang merah, bawang putih, dan kemiri hingga halus. Setelah itu, tumis hingga wangi dan jangan lupa untuk memasukkan kayu manis dan pala. Setelah matang, masukkan santan, jengkol yang sudah direbus, gula merah, dan juga garam tentunya.

Aduk sebentar hingga gula dan garamnya menjadi larut. Setelah itu, diamkan saja hingga airnya agak berkurang. Namun, sekali-kali tetap perlu diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong.

Agar aromanya lebih wangi, maka Anda bisa menambahkan beberapa lembar daun salam dan juga daun serai ketika airnya sudah mulai mendidih.

Setelah airnya agak kering, maka Anda bisa mengaduk-aduknya secara perlahan agar bumbunya membalut jengkol secara rata dan menyeluruh. Jika malas untuk mengaduk, maka bisa dibiarkan saja, namun sesekali aduk agar tidak gosong.

Bagaimana cara mengetahui masakkan tersebut matang? Caranya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu melihat keadaan airnya. Jika airnya sudah habis dan berubah menjadi agak kental, maka itu menandakan semur jengkol Anda sudah matang dan siap untuk dikonsumsi.

Selamat mencobanya di rumah dan semoga saja bermanfaat.