Loading...

Dua Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Fun, Keluarga

TERUSKAN.COM – Sekarang ini, semakin banyak limbah yang dihasilkan oleh manusia. Tak hanya limbah dari pabrik industri, namun limbah rumah tangga juga sudah mulai menumpuk dan cukup sulit untuk dikelola. Akhirnya membuat tumpukan sampah semakin banyak setiap harinya.

Jika limbah organik masih bisa diolah dengan cara dijadikan pupuk, bagaimana dengan limbah lainnya seperti plastik, kain, dan limbah lainnya? Tentu akan sangat susah untuk diolah karena waktu yang diperlukan untuk menguraikannya cukup lama.

Jika Anda cukup prihatin dengan keadaan lingkungan yang semaka]in lama semakin tercemar oleh limbah, maka kini saatnya bagi Anda untuk berhenti menambah tumpukan limbah. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan tidak menggunakan plastik ketika berbelanja.

Loading...

2 Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga

Cara Mudah Membuat Kantong Kain

Mulai sekarang Anda bisa menggunakan kantung kain untuk berbelanja karena akan mengurangi penggunaan plastik. Untuk kantung kainnya sendiri bisa Anda buat sendiri di rumah. Cara membuatnya cukup mudah, berikut adalah cara mudah membuat kantung kain.

Pertama, Anda harus menyiapkan karung kain bekas terigu, biasanya kain tersebut akan dijual di pasar oleh penjual terigu, lalu siapkan juga gunting, benang, dan mesin jahit. Jika Anda tidak bisa menggunakan mesin jahit, maka bisa menggunakan jarum manual.

Setelah mendapatkan karungnya, maka Anda bisa membalik bagian luarnya ke dalam, agar merk terigu yang ada di karungnya tidak terlihat. Selanjutnya, Anda bisa memotong bagian atasnya untuk dijadikan pegangan. Setelah itu, rapikan bagian atasnya yang tadi sudah terpotong.

Jika sudah, maka saatnya bagi Anda untuk merapikan kain yang akan dijadikan sebagai pegangan tas. Caranya cukup di lipat saja dan dijahit hingga bagian yang ada bekas guntingannya tidak terlihat. Kemudian, tempelkan bagian pegangan tersebut pada bagian utama tas dan tentunya jahit dengan kuat, agar ketika dimasukkan barang belanjaan, seperti buah atau sayur, tasnya tidak rusak (jahitannya lepas).

Membuat Lap Cantik dari Kain Bekas

Kedua, jika Anda sudah membuat tas tersebut, namun masih mempunyai limbah rumah tangga yang banyak, seperti baju dan kain bekas yang tidak terpakai. Solusinya cukup mudah, yakni Anda bisa membuat sebuah lap untuk mengangkat benda panas, seperti panci atau hotplate dari dalam microwave.

Bagaimana caranya? Cukup simple, yakni Anda siapkan saja kain bekas yang tentunya sudah tak terpakai, akan tetapi keadaannya masih utuh (belum ada yang robek). Jika sudah, siapkan pula kain-kain bekas lainnya untuk dijadikan bagian dalamnya.

Cara berikutnya adalah memotong kain tersebut sesuai ukuran yang Anda inginkan dan gelarkan kain tersebut. Kemudian, susun bahan untuk bagian dalamnya di sebagian kain dengan rapi, jika sudah maka tutupkan bagian kain yang kosong hingga bagian isi kain tertutup semuanya dan kemudian jahit ujungnya dengan kuat.

Selain itu, Anda juga harus menjadi bagian tengahnya secara silang. Hal itu bertujuan agar bahan bagian dalamnya tidak bergerak dan menyatu dengan kain pembungkusnya. Akan lebih bagus lagi jika Anda menjahitnya dengan benang wol, sehingga ada sedikit variasi pada lap tersebut.

Jika Anda mempunyai kain perca yang masih layak untuk digunakan, maka bisa digunakan untuk dijadikan hiasan di bagian luarnya.

Nah, itulah dua cara untuk mengolah limbah rumah tangga, selamat mencobanya di rumah.