Loading...

6 Tips Mencegah dan Mengatasi Kram

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Mengatasi Kram

TERUSKAN.COM – Kram sering terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti jari tangan maupun kaki, pergelangan kaki, paha dan bagian tubuh lainnya.

Selain membuat nyeri, kram juga mengganggu aktivitas kita. Tak jarang jika kram terjadi seseorang tidak bisa melakukan apa-apa karena mengerakkan bagian tubuh sedikit saja sudah terasa sakit.

Loading...

Kram juga termasuk salah satu penyakit yang sangat membahayakan, terutama jika seseorang sedang menjalankan aktivitas penting seperti mengemudi, berolahraga hingga berenang.

Oleh sebab itu sebelum berenang sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan gerakan-gerakan ringan sebagai pemanasan guna mencegah timbulnya kram di dalam air.

Untuk menghindari hal ini terjadi, terdapat beberapa tips untuk mencegah serta mengatasi kram yang sangat mengganggu.

1. Pijat Perlahan

Sebagian besar kasus kram terjadi pada kaki. Anda tidak perlu panik jika hal ini terjadi.

Rebahkan diri Anda dan cobalah memijat perlahan bagian yang sedang kram. Bantu dengan tubuh Anda untuk melemaskan bagian yang kram dan tunggu beberapa saat hingga otot kembali lemas.

2. Rajin Olahraga

Salah satu penyebab sering terjadinya kram adalah malas olahraga. Malas olahraga membuat otot kita tidak terbiasa untuk bergerak dan ketika kita melakukan satu gerakan yang salah, maka kram pun segera terjadi.

Rajinlah berolahraga setiap hari dengan melakukan gerakan-gerakan ringan maupun melakukan jenis olahraga yang Anda gemari. Aktivitas ringan seperti bersepeda, berjalan kaki dan juga senam pagi dapat mencegah terjadinya kram.

3. Pemanasan

Sebelum berolahraga yang sekiranya membutuhkan tenaga yang cukup besar, pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini pula yang mendasari gerakan senam yang diawali dengan pemanasan ringan.

Lakukan dengan menggerakkan anggota badan seperti kaki, kepala, tangan hingga punggung secara berulang-ulang.

Terutama ketika Anda ingin berenang, pemanasan dapat dikatakan wajib untuk dilakukan guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kram saat Anda berada dalam air dengan kedalaman yang cukup tinggi.

4. Pilih Sepatu Yang Tepat

Salah satu penyebab kram pada kaki adalah alas kaki atau sepatu yang tidak nyaman. Saat membeli sepatu, jangan ragu untuk mencobanya terlebih dahulu apakah sepatu tersebut nyaman atau tidak nyaman saat digunakan.

Terkadang tersedia bantalan yang nyaman pada sepatu yang berfungsi agar kaki tidak cepat lelah.

5. Hindari Hak Tinggi

Bagi wanita, tidak asing untuk mengenakan sepatu atau sandal dengan hak tinggi untuk menunjang penampilan. Memang tidak ada salahnya, namun hindari sering-sering mengenakan sepatu dengan hak tinggi karena lebih beresiko untuk menimbulkan kram dan bahkan keseleo.

Jika Anda menggemari hak tinggi, usahakan untuk memilih sepatu berhak tinggi dengan bantalan pada alas kaki yang nyaman dan tidak menyakitkan.

6. Sering Minum Air Putih

Tips terakhir untuk mencegah terjadinya kram adalah dengan mencegah tubuh dari dehidrasi karena dapat membuat Anda lebih beresiko mengalami kram.

Cukupkan kebutuhan air putih dengan baik dan jagalah gaya hidup Anda dengan pola yang sehat.

***

Itulah 6 tips dan cara mencegah serta mengatasi kram. Ditunjang dengan gaya hidup sehat, sering berolahraga, menjauhi rokok dan alkohol serta konsumsi makanan bernutrisi akan menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat.