Loading...

Cara Mengelola Sindrom Ovarium Polikistik

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Sindrom Ovarium Polikistik

TERUSKAN.COM – Polycystic ovary syndrome (PCOS) atau yang juga dikenal dengan sindrom ovarium polikistik adalah suatu kondisi kesehatan yang berperan besar dalam mempengaruhi siklus menstruasi wanita, penampilan fisik, kesehatan secara keseluruhan serta kemampuan untuk melahirkan anak.

Ketika seorang wanita mengalami PCOS, mereka akan memiliki tingkat hormon androgen yang lebih tinggi, hormon yang berpengaruh terhadap perkembangan karakteristik pria.

Loading...

Penyebab utama dari penyakit ini belum diidentifikasi. Tapi, ada beberapa faktor seperti ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan hal tersebut.

Masalah dasar terhadap sindrom ovarium polikistik ini adalah hal ini tidak memungkinkan ovarium membuat semua hormon yang diperlukan untuk mematangkan telur dengan benar, yang pada gilirannya tidak akan memungkinkan wanita untuk melahirkan anak.

Jika Anda perlu untuk mengidentifikasi apakah Anda sedang mengalami PCOS, ada beberapa hal dasar yang perlu Anda periksakan, antara lain sejarah medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan panggul, tes darah dan scan tubuh.

Tidak ada obat untuk PCOS, tetapi penyakit ini dapat Anda kelola dengan benar agar kondisi Anda menjadi lebih baik.

Berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk mengelola sindrom ovarium polikistik:

Hidup Sehat

Untuk membantu mengelola sindrom ovarium polikistik, diet sehat dan seimbang sangatlah penting. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki kondisi sangat gemuk dan hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Penyakit tersebut dapat dikelola dengan mengkonsumsi makanan sehat, buah-buahan dan sayuran yang tepat. Diet tinggi serat juga akan sangat membantu.

Pil KB

Cara lain untuk mengelola sindrom ovarium polikistik adalah dengan menggunakan pil KB. Ini akan membantu mengontrol siklus menstruasi dan mengurangi pertumbuhan hormon androgen dalam tubuh.

Akan tetapi penggunaan pil KB tentu akan menghambat kehamilan, jadi apabila Anda memang belum berencana untuk memiliki anak, ini adalah solusi terbaik untuk PCOS.

Insulin

Perawatan diabetes yang digunakan untuk penderita diabetes tipe 2 juga dapat mengontrol sindrom ovarium polikistik. Ini akan mengontrol kadar gula dan juga membantu mengurangi produksi hormon testosteron.

Selain itu juga akan membantu pengurangan pertumbuhan rambut dan serta dapat membantu ovulasi kembali.

Obat Kesuburan

Obat kesuburan dapat membantu mengatasi kurangnya ovulasi, PCOS bisa menjadi salah satu alasan utama yang menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.

Ada berbagai pilihan pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan ovulasi dan membantu wanita agar dapat melahirkan anak dan mempunyai keturunan. IVF merupakan salah satu pengobatan yang paling efektif untuk kehamilan.

Bedah

Pilihan ini digunakan ketika wanita tidak menanggapi pengobatan kesuburan. Prosedur ini disebut pengeboran ovulasi untuk meningkatkan kesempatan ovulasi dan menurunkan tingkat hormon laki-laki atau androgen.

Ini hanya memperbaiki sementara dan bisa berlangsung hanya selama beberapa bulan.

**

Ada berbagai cara untuk mengelola sindrom ovarium polikistik. Ini akan tergantung pada intensitas produksi hormon androgen dan apakah Anda ingin memiliki anak.

Diet sehat dan olahraga yang cukup biasanya akan membantu untuk mengelola PCOS. Setiap orang yang memiliki tubuh sehat, berarti memiliki harta yang paling berharga.

Jadi jangan pernah mengabaikan masalah kesehatan sekecil apapun itu.