Loading...

7 Makanan Agar Anda Lebih Mudah Berkonsentrasi

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

agar lebih mudah fokus

TERUSKAN.COM – Terkadang, kita tanpa sengaja melupakan sesuatu dan tetiba kehilangan konsentrasi di mana dapat terjadi pada situasi tertentu, misalnya saat menghadapi ujian atau pekerjaan kantor.

Kondisi stres juga makin menambah seseorang untuk susah berkonsentrasi mengerjakan berbagai tugas atau pekerjaan. Meski demikian, anda tak perlu membayar seorang ahli untuk mengajari anda fokus dan meningkatkan kemampuan mengingat otak anda.

Loading...

Jika anda benar-benar merasa kesulitan untuk fokus atau berkonsentrasi, cobalah mengonsumsi beberapa makanan berikut ini yang diyakini mampu meningkatkan fokus dan kemampuan mengingat anda.

Daftar makanan berikut juga dapat meningkatkan fungsi-fungsi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Maka, jangan lupakan untuk menambahkan menu jenis makanan ini pada sarapan, makan siang, atau makan malam anda.

Di bawah ini adalah 7 jenis makanan yang dapat membantu Anda lebih berkonsentrasi, dikutip dari beautyandtips.com.

 Buah beri/blueberry

Buah beri merupakan buah-buahan berbentuk kecil yang diyakini sebagai makanan anti penuaan. Buah beri juga melindungi otak anda dari stres dan mengurangi risiko demensia.

Buah beri yang banyak mengandung manfaat adalah blueberry di mana tak hanya lezat tapi juga dapat mendorong tingkat fokus dan memori dalam waktu panjang. Jangan ragu tambahkan blueberry ke dalam minuman yogurt atau salad dan tunggu khasiatnya.

Cokelat

 Cokelat adalah salah satu makanan kecil yang juga membantu kinerja otak anda. Bahkan, kandungan kafein dalam kopi atau teh diyakini memiliki manfaat baik bagi otak.

Pilihlah cokelat gelap (dark) yang kaya antioksidan dan melawan radikal bebas dalam tubuh.

Ikan

Memakan jenis makanan laut, setidaknya sekali seminggu juga memiliki manfaat baik bagi tubuh anda. Ikan sendiri mengandung omega 3 asam lemak yang sangat baik bagi otak.

Asam lemak yang terdapat pada ikan juga dapat mendorong fungsi memori otak di mana tubuh tak dapat memproduksinya tanpa mendapatkan dari sumber lain.

 Wortel

 Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk kinerja otak. Di antaranya, membantu memulihkan memori dan mengurangi peradangan.

Kandungan luteolin dalam wortel dapat mengurangi penuaan yang berakibat pada berkuranganya ingatan seseorang. Selain wortel, anda perlu mempertimbangkan minyak zaitun dan sayur seledri yang juga mengandung luteolin.

Kacang kenari

Selain renyah dimakan, kacang kenari juga mengandung antioksidan yang sangat baik melawan kerusakan sel otak.

Kenari juga sangat membantu memperlambat penuaan otak. Anda bisa memanfaatkan kacang kenari dalam resep kue brownies atau pun lainnya.

Biji labu

Salah satu jenis sayuran ini memiliki kandungan zinc yang bermanfaat bagi tubuh, di mana sangat baik untuk keterampilan berpikir dan meningkatkan memori.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat baik untuk seluruh tubuh, termasuk otak. Bayam yang mengandung vitamin E akan meningkatkan sel syaraf otak.

Selain itu, juga mengandung lutein di mana merupakan antioksidan yang melindungi penurunan kemampuan kognitif.

**

Saat ini, banyak ditemui berbagai jenis minuman berenergi di pasaran yang disebut-sebut mampu membantu meningkatkan konsentrasi, namun alangkah baiknya jika kita bergantung pada sumber-sumber yang lebih alami ditambah rajin berolahraga menjadi cara-cara sehat yang dapat meningkatkan kinerja otak dan kemampuan berpikir kita.

Semoga tips ini berguna.