Loading...

Yuk Ketahui 7 Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

manfaat rumput laut

TERUSKAN.COM – Rumput laut memang tak asing untuk dikonsumsi. Meskipun di Indonsia tidak banyak makanan yang mengandung rumaput laut seperti di Jepang misalnya, rumput laut tumbuh cukup banyak di Indonesia.

Ha ini sebenarnya dapat dimanfaatkan dengan baik, mengingat rumput laut memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita.

Loading...

Rumput laut yang merupakan sejenis tumbuhan laut atau algae ini sebenarnya sudah dikenal sebagai makanan sejak abad ke-16 bagi bangsa Aztec dan Mesoamericans.

Manfaat dan khasiatnya yang menajubkan membuat rumput laut terkenal tidak hanya sebagai makanan, namun juga digunakan dalam berbagai kandungan produk kesehatan dan kecantikan.

Diyakini mengandung 100% nutrisi bagi tubuh, rumput laut sebaiknya menjadi salah satu makanan yang cukup sering Anda konsumsi karena berbagai manfaatnya sebagai berikut:

1. Mencegah Anemia

Benarkah rumput laut dapat mencegah anemia? Menurut penelitian kesehatan, rumput laut jenis spiriluna diketahui dapat menstabilkan jumlah sel darah merah, darah putih dan juga hemoglobin.

Dengan kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya, rumput laut juga dapat meningkatkan hematopoiesis yang merupakan proses pembentukan sel darah merah.

Oleh sebab itu jika Anda memiliki anemia, Anda dapat mulai mengonsumsi rumput laut secara rutin.

2. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat menakjubkan dari rumput laut adalah mencegah kanker. Hal ini merupakan hasil penelitian sebuah sekolah kesehatan di Amerika yang mengungkapkan bahwa wanita prameopause di negara Jepang memiliki resiko terkena kanker payudara 3 kali lebih kecil daripada wanita Amerika.

Hal ini diyakini karena wanita Jepang banyak mengonsumsi rumput laut dalam asupan makanan sehari-hari mereka.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Rumput laut mengandung banyak vitamin C dan juga vitamin A yang diyakini dapat menjaga kekuatan tulang, gigi dan gusi serta membantu memercepat penyembuhan luka.

4. Sumber Antioksidan

Tak salah jika rumput laut terkandung dalam banyak produk kesehatan dan kecantikan terutama sebagai salah satu sumber antioksidan, karena rumput laut memang kaya akan antioksidan.

Antioksidan sendiri dapat mencegah penuaan dini serta menjaga tubuh dari efek radikal bebas di lingkungan yang berpolusi tinggi dan gaya hidup yang tidak sehat.

5. Mencegah Tulang Keropos

Rumput laut ternyata mengandung kalsium 5 kali lebih banyak daripada susu. Wow!

Dengan kandungan kalsium yang sangat tinggi, tak heran jika rumput laut diyakini sebagai salah satu obat alami untuk mencegah keropos tulang serta membantu pertumbuhan tulang, gigi dan gusi serta menjaga kesehatan kuku dan rambut.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Bagi Anda yang sedang berdiet atau sedang menjaga berat badan ideal, rumput laut dalam menjadi salah satu sumber makanan sehat Anda. Hal ini dikarenakan rumput laut bebas lemak dan akaya akan serat.

Serat diketahui dapat melancarkan pencernaan, membuat perut kenyang lebih cepat sehingga menghindari Anda dari nafsu makan berlebihan. Konsumsi rumput laut dalam makanan Anda baik sebagai kudapan, salad atau menu utama seperti dalam sushi.

7. Garam ‘Bersahabat’

Mengonsumsi garam secara berlebih diketahui dapat meningkatkan resiko darah tinggi, serangan jantung maupun stroke.

Rumput laut ternyata dalam digunakan sebagai pengganti garap baik dalam makanan ringan dan produk makanan olahan lainnya. Secara bersamaan, penggunaan garam yang lebih bersahabat ini tentu dapat mengurngi resiko beberapa penyakit yang disebabkan oleh darah tinggi.

***

Itulah 7 manfaat rumput laut bagi kesehatan. Jadi mulailah mengonsumsi rumput laut dan rasakan khasiat sehatnya dalam tubuh Anda.

Semoga bermanfaat.