Loading...

7 Dampak Buruk Ruangan Ber-AC Bagi Kesehatan

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Dampak Buruk Ruangan Ber-AC Bagi Kesehatan

TERUSKAN.COM – Ruangan ber-AC memang terasa nyaman karena di negara dengan hawa tropis seperti di Indonesia, siang hari terasa amat gerah dan oleh sebab itu sangat menyenangkan mengademkan diri dengan berada di dalam ruangan ber-AC.

Di balik hawa sejuk yang ditimbulkannya, AC ternyata memiliki beberapa dampak bagi kesehatan kita. Sayangnya, dampak yang ditimbulkan tidak selalu baik, namun justru buruk bagi kesehatan.

Loading...

Tidak hanya sebatas kulit kering, terdapat beberapa dampak buruk yang ditimbulkan AC bagi kesehatan.

1. Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru langsung mempengaruhi proses pernapasan kita. Oleh sebab itu ruangan ber-AC dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru kita, yang sayangnya tidak berdampak baik.

Berubahnya kondisi suhu ruangan yang lembab menjad kering dalam sekejap dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru yaitu pada sistem pernapasan seseorang.

Oleh sebab itu bagi seseorang yang memiliki gangguan pernapasan, sebaiknya menghindari berada dalam ruangan ber-AC lama-lama karena akan semakin mengganggu pernapasannya.

2. Kesehatan Kulit

Ya, ,seperti yang mungkin kita semua telah ketahui, udara kering yang keluar dari AC berdampak langsung terhadap kulit kita, yaitu menjadikannya kering.

Kelembapan udara sebenarnya berdampak bagus bagi kulit karena tidak mudah membuatnya kering. AC dapat mengambil kelembapan kulit kita dan mebuatnya kering. Oleh karena itu seringlah mengoleskan body lotion atau pelembab kulit saat Anda berada di ruangan ber-AC.

3. Sakit Kepala

Apa hubungan sakit kepala dengan AC? Ternyata pada beberapa kasus, suara yang ditimbulkan oleh AC yang tidak dalam kondisi baik cukup keras sehingga bunyi itu dapat mengganggu.

Bagi orang yang cukup sensitif, bunyi dari AC tersebut dapat membuat sakit kepala.

4. Menyebarkan Virus dan Bakteri

Dalam ruangan ber-AC, virus dan bakteri lebih menular kepada orang lain karena minimnya sirkulasi udara sehingga udara ‘terperangkap’ dalam satu ruangan.

Tak salah jika bagi orang yang sedang sakit, mendapat udara segar dalam ruangan dengan ventilasi yang baik, jauh lebih baik daripada berada dalam ruangan ber-AC.

Begitu pula jika seseorang sedang sakit, akan lebih cepat menularkan penyakitnya ke orang lain saat berada dalam ruangan ber-AC .

5. Menimbulkan Alergi

Ruangan ber-AC juga dapat menimbulkan alergi karena tidak adanya sirkulasi udara. Bagi beberapa orang, hal ini menyebabkan alergi seperti pada kulit yang terasa gatal dan berwarna kemerahan.

6. Resiko Penyakit Mata

Ruangan ber-AC yang cukup kering membuat kita lebih mudah terkena resiko penyakit mata baik ringan maupun berat. Penyakit mata seperti konjungtivitis serta blepharitis dapat terjadi jika seseorang berada seharian dalam ruangan ber-AC.

7. Tidak Tahan Suhu Panas

Meski resiko terganggunya kesehatan dapat terjadi karena ruangan ber-AC, pada kenyataannya banyak orang yang betah berada di dalamnya.

Hal ini dapat membuat kebiasaan y ang cukup buruk dimana seseorang menjadi tidak tahan panas dan lebih terbiasa berada dalam ruangan ber-AC.

Sebenarnya ruangan yang tidak ber-AC dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang sangat baik serta udara segar dari tanaman dan pohon jauh lebih baik daripada udara dingin yang ditimbulkan oleh AC.

***

Itulah 7 dampak ruangan ber-AC bagi kesehatan. Kenyamanan sesaat yang harus dibayar maal dengan kesehatan tubuh yang terus memburuk dari hari ke hari. Jadi, jaga selalu kesehatan Anda dari pengaruh buruk AC.

Semoga bermanfaat.