Loading...

7 Perilaku Aneh Yang Terjadi Saat Anda Tidur

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fun, Kesehatan

gangguan tidur

TERUSKAN.COM – Bagi sebagian orang, tidur nyenyak menjadi cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tapi itu tidak berlaku dengan semua orang.  Pada kenyataannya, ada kalanya Anda akan mengalami perilaku aneh saat tidur yang bisa membuat bingung dan juga benar-benar panik.

Menurut sebuah penelitian, ada hal-hal aneh yang biasa dilakukan saat tidur dikarenakan aktivitas yang mereka lakukan pada siang hari. Kebanyakan orang menderita gangguan tidur atau yang dikenal dengan nama parasomnia akan melakukan hal-hal aneh.

Loading...

Nah, apa saja perilaku aneh yang mungkin terjadi saat Anda tertidur tanpa Anda sadari?

1. Sleepwalking

Sleepwalking adalah gangguan yang terjadi saat Anda tidur yaitu dengan berjalan. Ini adalah salah satu hal aneh yang terkadang dilakukan sementara mata masih dalam kondisi tertutup.

Tidur sambil berjalan lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Umumnya, tidur berjalan terjadi pada masa kanak-kanak, antara usia 4 dan 8 tahun dan bahkan bisa terjadi hingga remaja atau dewasa.

2. Merasa Seperti Terantuk atau Tersentak Bangun Saat Tertidur

Gejala ini dikenal dengan nama hypnagogic. Ini biasanya terjadi ketika Anda jatuh tertidur.

Hypnagogic adalah kedutan myclonic yang terjadi ketika Anda mulai tertidur. Beberapa orang juga bisa merasakan seperti kejang. Diperkirakan bahwa hampir 70 % orang mengalami hypnagogic.

3. Kelumpuhan Tidur

Biasanya, orang yang mengalami kelumpuhan tidur memiliki perasaan yang mengerikan saat tertidur. Orang-orang cenderung merasa tidak bisa bergerak atau berbicara.Sensasi ini dapat berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit.

Ini terjadi ketika seseorang berada pada waktu terjaga dan tidur. Umumnya, orang yang mengalami ini akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

4. Makan Saat Tidur

Orang yang memiliki kondisi ini biasanya akan bangun di tengah malam dan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar tanpa menyadarinya.

Bagi sebagian orang, masalah ini sering dianggap tidak terlalu penting, namun keadaan ini ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan salah satunya kenaikan berat badan yang tidak terkendali.

5. Teror Malam

Dikenal sebagai sleep terror atau nocturne pavor, teror malam dikategorikan sebagai gangguan tidur. Gangguan tidur ini mirip dengan mimpi buruk.

Anda akan mengalami hal yang aneh saat tidur. Biasanya, Anda akan menganggap hal ini sebagai mimpi namun kenyataannya Anda menjerit saat malam hari.

6. Kebingungan

Hal aneh lain yang sering dilakukan saat tertidur yaitu sebagain orang akan membuat suara aneh seperti bergumam atau mengerang. Beberapa dari mereka bahkan akan berbicara dengan berpikir remote adalah telepon.

7. Ngigau

Ngigau atau somniloquy terjadi ketika seseorang membuat suara ketika mereka sedang tidur.Ini adalah salah satu hal aneh yang biasa di lakukan saat tidur dan ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki kondisi medis yang mendasari. Hal ini biasanya akan dilakukan tanpa disadari.

**

Demikian beberapa hal aneh yang biasanya terjadi tanpa Anda sadari. Jika hal ini sudah sering terjadi dan berulang-ulang, lakukan konsultasi dengan dokter atau psikolog untuk melakukan pengobatan sesuai dengan masalah yang Anda hadapi.

Semoga bermanfaat.