Loading...

Lindungi Payudara Dengan Mewaspadai 5 Hal Ini

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Tips Melindungi Payudara

TERUSKAN.COM – Kecantikan selalu menjadi hal yang diutamakan oleh sebagian besar wanita, mereka rela melakukan apa saja agar dapat memiliki tampilan yang cantik.

Sayangnya terkadang mereka lupa bahwa kecantikan akan menjadi sempurna jika dibarengi dengan kesehatan yang baik, apalagi organ tertentu pada tubuh Anda. Payudara adalah salah satu bagian tubuh penting yang tidak boleh luput untuk diberi perawatan.

Loading...

Selain mengkonsumsi makanan dan menjalani gaya hidup yang sehat, masih ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai guna melindungi payudara Anda. Kebiasaan-kebiasaan yang tanpa Anda sadari rupanya dapat memberi rasa sakit pada payudara.

Di bawah ini adalah 5 hal yang harus diwaspadai demi mendapatkan payudara yang sehat.

Hormon tidak seimbang

Perempuan sering mengalami perubahan hormonal, misalnya saja saat mereka berada pada periode menstruasi, masa kehamilan dan menopause. P

ada saat-saat tersebut tubuh akan kekurangan hormon estrogen yang kemudian dapat mengakibatkan payudara terasa sakit. Disamping itu, stres dan depresi juga dapat menjadi penyebab utama.

Memakai bra terlalu ketat

Ukuran pakaian dalam seperti bra harus Anda perhatikan dengan baik. Bila Anda menggunakan bra yang terlalu ketat, ini akan membuat payudara Anda sulit untuk bernafas karena kurangnya udara di area tersebut.

Apabila Anda membiarkan kondisi ini terus-menerus terjadi, maka dapat membuat timbulnya rasa nyeri pada tulang di sekitar payudara. Selain itu, bra yang terlalu ketat juga menjadi salah satu penyebab utama yang mengakibatkan penggunanya sulit mencerna makanan.

Jadi, sebaiknya cobalah mengenakan ukuran bra yang sedikit lebih longgar untuk memberi ruang bebas pada payudara Anda.

Penggunaan bra yang tidak tepat saat berolahraga

Saat Anda akan melakukan aktivitas olahraga, gantilah jenis bra yang Anda kenakan dengan sport bra yang dibuat khusus untuk kegiatan berolahraga. Mengingat payudara Anda akan bergerak lebih banyak.

Penggunaan sport bra akan sangat bermanfaat untuk menopang payudara Anda dan menghindari ligmen di sekitar payudara menjadi kendur. Di samping itu, payudara juga akan terasa kram apabila Anda tidak mengenakan bra yang tepat saat berolahraga.

Keseringan mengonsumsi kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat membuat otot yang berada di sekitar dada mengencang. Ini yang menyebabkan para wanita penggemar kopi akan lebih sering mengalami rasa nyeri pada payudara.

Maka dari itu, sebaiknya mulailah membatasi konsumsi kopi Anda setiap hari.

Waspadai efek samping

Mengonsumsi obat-obatan juga harus Anda waspadai, karena sejumlah obat yang banyak terdapat di pasaran tentunya mengandung efek samping yang dapat mempengaruhi hormon estrogen sehingga menimbulkan rasa nyeri di sekitar payudara.

Maka sangat disarankan untuk biasakan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan secara bebas.

**

Itulah beberapa hal yang perlu Anda waspadai agar payudara Anda selalu berada dalam kondisi yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatannya.

Payudara yang seksi dan indah selalu menjadi idaman setiap wanita, maka dari itu Anda harus melindungi ‘aset’ tersebut dengan memberi perhatian dan perawatan yang lebih baik.

Saat mengenakan bra, utamakan kenyamanan dan kesehatan. Anda juga perlu untuk memperhatikan kualitas bra sebelum membelinya.

Semoga bermanfaat.