Loading...

Tips Membuat Brownies Sehat Nan Nikmat

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Resep

brownies

TERUSKAN.COM – Kue brownies adalah makanan yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Meskipun bukan berasal dari dalam negeri, namun di sini banyak sekali berkembang usaha kue kecoklatan berciri khas bantet ini dengan berbagai modifikasi.

Mengonsumsi kue tentu menjadi kenikmatan bagi pecintanya, namun bagaimana jika berbagai kandungan dalam kue justru berdampak tak baik bagi kesehatan?

Loading...

Berikut adalah tips membuat kue brownies sehat alami namun tetap nikmat dari pakar kuliner Wied Harry Apriadji melalui salah satu bukunya.

Tak hanya bisa dinikmati sendiri, anda bisa menyontek resep ini sebagai ide bisnis anda agar bisa dinikmati lebih banyak orang. Apalagi, proses membuat brownies memang cukup mudah dan sederhana, termasuk untuk pemula.

Menurut Wied, untuk membuat kue brownies yang sehat alami, beberapa bahan sintetis, seperti soda kue, bubuk pemuai (baking powder), dan krim pemuai tak terlalu diperlukan lagi, jika anda sudah memahami teknik mengocok yang baik.

Resep dan Cara Membuat Brownies Sehat Alami

Mari simak salah satu resep kue brownies kukus orisinal sehat alami berikut:

Bahan:

  • 80 gr tepung terigu (bisa diganti tepung singkong)
  • 20 gr tepung maizena
  • 50 gr cokelat bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 3 butir telur
  • 2 putih telur
  • 75 gr gula pasir (bisa diganti gula aren)
  • 150 ml minyak goreng
  • margarin (untuk oles loyang)

Cara membuat:

1. Siapkan loyang ukuran 24x10x7 cm. Olesi bagian dasar loyang dengan minyak goreng/margarin, alasi dengan kertas roti.

2. Campur tepung, maizena, cokelat bubuk, garam dan baking powder. Panaskan dandang berisi air di atas api sedang. Lapisi tutup dandang dengan serbet bersih.

3. Kocok telur dengan mikser kecepatan sedang hingga berbuih. Sambil terus dikocok, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga kental. Matikan mikser, angkat.

4. Masukkan campuran tepung terigu secara bertahap, aduk dengan pengocok balon (whisk) atau spatula hingga adonan licin. Tambahkan minyak goreng, aduk hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam loyang. Kukus dalam dandang hingga kue matang (selama kurang lebih 20 menit), angkat. Diamkan hingga uapnya berkurang, lepaskan kue dari loyang buang kertas pelapisnya. Taruh kue di atas rak kawat hingga dingin.

**

Demikian, tips singkat resep brownies sehat alami. Ada beberapa bahan yang bisa anda kurangi, seperti jumlah telur diganti dengan putih telur, atau anda bisa mengganti tepung terigu dengan tepung singkong atau gandum.

Bahkan, saat ini mulai berkembang pula brownies yang dibuat tanpa telur, namun diganti dengan pisang atau tofu, yang dikhususkan bagi para vegetarian.

Sementara, gula pasir yang tidak terlalu baik dikonsumsi bagi penderita diabetes, dapat diganti dengan gula aren yang cenderung lebih aman.

Namun, jika anda ingin tetap merasakan kenikmatan brownies, campuran bahan minyak goreng pada resep ini bisa diganti dengan margarin atau mentega. Meskipun, minyak goreng atau kelapa memang lebih aman bagi kesehatan dibandingkan margarin.

Ke depan, anda pun bisa bereksperimen membuat brownies dengan aneka rasa dan campuran baik kukus maupun panggang, seperti keju, kacang wijen, stroberi, nanas, kopi, karamel dan banyak lagi dengan panduan resep dasar brownies ini.

Selamat mencoba!