Loading...

Cara Membuat Sup Krim Kacang Polong

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Resep

kacang polong

TERUSKAN.COM – Anda jenuh dengan menu sarapan pagi yang itu-itu saja? Jika selama ini anda biasa mengonsumsi sup krim ayam, maka kali ini anda bisa mencoba resep sup krim kacang polong.

Selain menyehatkan, anda pun bisa mendapat sensasi baru dari menu yang belum pernah anda coba sebelumnya.

Loading...

Resep ini juga merupakan salah satu menu diet sehat bagi anda yang bergolongan darah A. Ahli gizi menyatakan, metabolisme pemilik golongan darah A memang lebih cocok dengan hidangan vegetaris (vegetarian), alami, dan organik.

Orang-orang golongan darah A cenderung memiliki lambung dengan kandungan lektin rendah, sehingga asupan makanan yang kaya lektin akan mengganggu fungsi lambung.

Lektin terutama banyak terdapat dalam hidangan laut berdaging putih, seperti cumi-cumi, kepiting, lobster, ikan bawal, ikan teri, lele, dan gabus. Dengan demikian, makanan nabati merupakan pilihan terbaik.

Cara Membuat Sup Krim Kacang Polong

Berikut resep sup krim kacang polong sehat nan nikmat (untuk 4 porsi) yang bisa anda jadikan alternatif sarapan bersama keluarga tercinta.

Bahan:

  • 50 gr bawang bombai
  • 2 cm jahe
  • 1 sdm minyak kanola/zaitun untuk menumis
  • 500 gr kacang polong beku
  • 400 ml kaldu ayam/air
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1/8 sdt pala bubuk
  • 1 sdm peterseli/seledri cincang (untuk taburan)

kacang polong sup

Cara membuat:

1. Cincang bawang bombai dan jahe. Panaskan minyak kanola/zaitun dalam wajan di atas api sedang. Masukkan bawang bombai dan jahe, tumis, hingga layu dan harum, angkat.

2. Didihkan kaldu ayam/air, masukkan bawang bombai tumis dan kacang polong. Masak hingga mendidih, kecilkan api, lanjutkan memasak hingga kacang polong masak (10 menit). Angkat, diamkan hingga dingin.

3. Masukkan rebusan kacang polong berikut kuahnya ke dalam mangkuk blender, proses hingga galus. Tuang ke dalam panci.

4. Masak di atas api sedang, bubuhi garam, merica bubuk, dan pala bubuk. Aduk hingga rata. Lanjutkan memasak hingga beruap, angkat. Bila sup terlalu pekat, bubuhi kaldu ayam/air hangat secukupnya, aduk.

5. Sajikan hangat dengan taburan peterseli/seledri cincang.

**

Anda pun bisa menikmati sup krim kacang polong ini dengan secangkir teh hangat atau jus apel/wortel sebagai pelengkap di pagi hari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!