Loading...

Tips Menyimpan Keju Cheddar Supaya Tahan Lama

Penulis: Nila Rubrik: Resep

tips-menyimpan-keju

TERUSKAN.COM – Keju Cheddar merupakan salah satu jenis keju yang bersifat keras, mempunyai warna kuning pucat sampai putih gading, dan kadang – kadang memiliki cita rasa sangat kuat.

Keju ini berasal dari desa Cheddar di wilayah Somerset, Inggris dan merupakan salah satu keju paling populer di Britania Raya, dimana penyebarannya sudah sangat luas, hampir diseluruh Inggris maupun negara – negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Kanada dan Islandia.

Loading...

Pada beberapa negara – negara di dunia menyediakan keju Cheddar dalam beberapa bentuk seperti mulai dari jenis keju Cheddar rendah lemak sampai keju Cheddar tua dan tinggi kadar lemak.

Menurut standar perdagangan Eropa, keju yang bisa dikategorikan sebagai West Country Farmhouse Cheddar adalah hasil produksi dari empat kota di bagian barat daya Inggris (Somerset, Devon, Dorset dan Cornwall), juga diperkuat berdasarkan Perlindungan Indikasi Asal keju.

Keju Cheddar di Indonesia sendiri merupakan salah satu jenis keju yang umum tersedia dan dipakai sebagai bahan pelengkap membuat kue dan makanan.

Cara Menyimpan Keju Cheddar

Di samping perlu memperhatikan sejarah singkat keberadaan keju Cheddar, anda terutama kaum wanita wajib mengetahui tips menyimpan keju Cheddar supaya tahan lama, simak ulasan singkat di bawah ini.

keju

1). Simpan keju Cheddar dengan cara dibungkus rapi memakai kertas roti lalu bungkus lagi dalam plastik putih bersih atau masukkan ke tempat/wadah dari plastik food grade. Pastikan keju terhindar dari paparan udara atau sinar matahari.

2). Agar keju tidak terkontaminasi dengan jamur atau bakteri maka simpan di dalam laci atau di dalam kulkas (namun sebelumnya pastikan bahwa keju sudah terbungkus dengan rapi) sehingga keju bisa anda pakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

3). Keju Cheddar yang sudah dalam kondisi berjamur, masih dapat anda gunakan asal potong 1 inci ( 2,54 sentimeter ) di sekitar dan di bawah area berjamur.

Hal ini berfungsi bagus untuk mencegah terjadinya kontaminasi dengan bakteri jahat yang banyak ditemukan pada udara bebas. Ingat jangan menyentuh jamur dengan pisau yang akan anda gunakan untuk memotong.

**

Keju adalah salah satu bahan makanan pelengkap yang sudah terkenal dan menjadi favorit para ibu rumah tangga dan wanita dari berbagai jenis usia, terutama keju Cheddar.

Keju Cheddar bisa digunakan untuk pelengkap dan menambah cita rasa beberapa makanan olahan, misalnya diparut untuk taburan roti tawar bakar, donat, wafel dan kue – kue lainnya. Juga umum digunakan untuk topping, campuran olahan dalam adonan berbagai jenis kue, dan campuran berbagai masakan lain seperti pasta.

Oleh karenanya anda wajib mempunyai cadangan keju di dapur yang dapat digunakan sewaktu – waktu apabila diperlukan dan jangan lupa tips sederhana di atas untuk menyimpan keju dalam jangka panjang supaya tetap awet.

Semoga bermanfaat.