Loading...

5 Tips Mengatur Uang Bulanan

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Finansial, Keluarga

TERUSKAN.COM – Setiap bulan kita pasti akan menerima uang, entah itu dari gaji setiap bulan atau kiriman dari orang tua (bagi para pelajar dan mahasiswa). Uang tersebut tentu akan kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita selama beberapa minggu ke depan.

Akan tetapi, kadang uang tersebut hanya “numpang lewat” saja dalam dompet kita, sehingga ketika memasuki minggu ke-empat pasca mendapatkan uang tersebut, kita sering bertanya pada diri sendiri “Kemana uang yang kemarin?”, “Kok habis ya uangnya?”, atau “Kemarin beli apa aja? Uang gak ada, barang juga gak ada!”

Ya, tentu Anda semua pasti pernah mengalami hal tersebut bukan? Termasuk saya, juga pernah mengalami hal tersebut, terutama ketika status saya masih menjadi anak kost.

Loading...

kondisi akhir bulan

Sebenarnya, ada 5 tips mengatur uang bulanan. Apa sajakah itu? Berikut adalah tipsnya, selamat menyimak.

1. Pisahkan Uang untuk Ongkos

Bagi Anda mahasiswa atau mungkin pekerja yang memerlukan transportasi umum untuk sampai ke tempat tujuan, sebaiknya memerhatikan hal ini.

Ya, seperti sepele sebenarnya, namun justru inilah yang harus diperhatikan, kenapa? Karena uang transport itu kita gunakan selama lima hari dalam satu minggu dan juga itu adalah hal rutin.

Meskipun Anda menganggap ongkos untuk ke tempat kerja itu murah, namun jika dihitung selama satu bulan maka jumlahnya akan mencapai ratusan ribu.

Jadi, sebaiknya ketika Anda menerima gaji, alokasikan untuk transport terlebih dahulu. Akan lebih bagus lagi jika Anda menukar uang transport Anda ke dalam bentuk recehan karena dengan begitu Anda tidak perlu jajan terlebih dahulu untuk mendapatkan uang recehan.

2. Utamakan Keperluan Primer

Hal berikutnya yang harus diutamakan ketika menerima gaji tentu keperluan primer, seperti bahan makanan, pulsa, dan mungkin uang tagihan listrik dan air. Utamakanlah keperluan itu, karena itu akan kita gunakan secara rutin.

Bagi Anda yang menggunakan kartu kredit, tentu tagihannya menjadi hal utama pula untuk dilunasi. Jangan sampai Anda lupa untuk membayarnya karena hal tersebut akan membuat Anda cukup sesak nafas nantinya.

mengatur uang bulanan

3. Jangan Lupa Menabung

Menabung juga sebaiknya mulai Anda biasakan ketika menerima gaji. Satu hal yang perlu Anda ingat, tabungkan uang terlebih dahulu, baru kemudian Anda memakai sisanya. Jangan pakai uangnya terlebih dahulu, baru tabungkan sisanya.

Sebaiknya setiap bulan Anda menabung dalam jumlah yang sama, kenapa harus sama? Karena dengan begitu Anda bisa memprediksi jumlah uang Anda ke depannya, jadi ketika Anda berencana untuk membeli sesuatu, uang tabungan bisa menjadi solusinya.

4. Gunakan Kartu Debit

Adanya kartu debit sebenarnya sangat berguna sekali, terutama bagi Anda yang suka berbelanja. Kartu debit sebenarnya membuat kita menjadi lebih baik dalam menggunakan uang.

Bagaimana caranya? Cukup mudah, Anda hanya perlu membayar belanjaan bulanan Anda menggunakan kartu debit.

Kenapa harus menggunakan kartu debit? Karena dengan menggunakan kartu debit, kita akan membayar secara pas dan tidak akan menerima kembalian. Sedangkan jika menggunakan uang tunai, maka kita akan memberikan uang lebih kepada kasir dan menerima uang kembalian.

Kebiasaan yang tak disadari seseorang adalah, mereka selalu menyepelekan uang kembalian. Banyak orang menganggap uang kembalian itu tidak berharga, sehingga mereka menggunakannya untuk hal tidak penting.

Padahal, jika kita berbelanja setiap akhir pekan dan menerima uang kembalian sebesar Rp 3.000 setiap minggunya, itu bisa digunakan untuk membayar biaya perawatan kartu debit kita sendiri yang dibayar setiap bulan.

5. Sediakan Uang Tak Terduga

Satu hal terakhir yang sangat penting, namun juga sangat jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang.

Ya, uang tak terduga sebenarnya sangat penting, mengingat kita adalah seorang manusia yang pastinya bisa merasa bosan tiba-tiba, sehingga kita memilih untuk pergi ke mall atau berwisata dan membeli beberapa jenis makanan atau minuman, maka kita bisa menggunakan uang tak terduga tersebut.

Atau mungkin, tiba-tiba saja ada iuran dadakan dari pihak komplek, uang tak terduga tentu bisa menjadi solusinya.

**

Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di bulan ini dan bulan selanjutnya.