Loading...

Langkah Mudah Membuat Gepuk Tempe

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

 TERUSKAN.COM – Jika Anda sudah merasa bosan dengan olahan dapur yang begitu-begitu saja, atau bosan dengan menu yang disediakan di rumah makan yang hampir setiap hari selalu sama.

Mungkin kini saatnya bagi Anda untuk mencoba membuat menu baru, yakni gepuk tempe. Makanan ini berasal dari tanah sunda, mempunyai rasa manis gurih yang khas karena campuran kelapa di dalamnya. Selain itu, rempah yang dijadikan bumbu juga memberikan aroma tersendiri.

Anda sudah penasaran? Baiklah, ini dia langkah mudah membuat gepuk tempe, selamat menyimak.

Loading...

Gepuk

Resep Dan Cara Membuat Gepuk Tempe

Langkah pertama untuk membuat masakan ini tentu saja menyediakan bahan-bahannya terlebih dahulu. Apa saja bahannya?

Bahan Yang Disiapkan

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Kunyit
  • Ketumbar
  • Honje
  • Kelapa
  • Gula merah
  • Garam
  • Minyak goreng, dan tentunya bahan utama kita, yakni
  • Tempe

Langkah selanjutnya, Anda tumbuk bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, dan honje hingga halus. Setelah bumbu halus, maka Anda bisa memarut kelapanya, atau jika Anda merasa malas untuk memarutnya, maka bisa dibawa ke pasar tradisional. Biasanya di sana tersedia jasa parut kelapa menggunakan mesin.

Ketika kelapa sudah di parut, jangan diperas, ya. kenapa? Karena nanti kita akan menggunakan kelapanya, bukan santannya.

Jangan lupa pula untuk memotong-motong tempenya. Potong tempe dengan ukuran yang sesuai dengan selera Anda, namun jangan dipotong terlalu kecil, karena nanti tempenya bisa hancur ketika diolah.

Jika semua sudah selesai, maka tahap berikutnya adalah mengolahnya menjadi gepuk tempe.

Caranya, Anda rebus bumbu yang tadi sudah di tumbuk hingga halus, biarkan hingga airnya mendidih. Jika airnya sudah mendidh, maka Anda bisa memasukkan parutan kelapa yang tadi sudah disiapkan.

Aduk parutan kelapa tersebut hingga merata dengan bumbunya. Masukkan gula merah dan garam, lalu aduk kembali hingga rata, jika dirasa gula dan garamnya sudah menyatu, maka Anda bisa memasukkan potongan tempenya.

Setelah dimasukkan, tentu saja diaduk kembali hingga merata. Nah, jika semuanya sudah merata dan air rebusan tadi sudah mulai kering, maka saatnya bagi Anda untuk memasukkan minyak goreng secara perlahan ke dalam masakan.

Jangan terlalu banyak memasukkan minyaknya, masukkan seperlunya saja sesuai dengan perkiraan Anda. Setelah dimasukkan, maka aduk kembali agar olahan Anda tidak menjadi gosong. Aduk-aduk terus hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Jika warnanya sudah berubah menjadi coklat dan aroma dari kelapanya sudah mulai tercium, maka olahan Anda sudah mulai matang.

Bagaimana cara mengetahui olahan tersebut matang atau belum? Caranya mudah, yakni Anda hanya perlu melihat keadaan kelapanya, apakah keadan kelapa dalam masakan tersebut masih basah atau sudah agak kering?

Jika keadannya masih basah, maka masakan belum matang dan artinya Anda masih harus mengadunya hingga keadaannya berubah menjadi agak kering. Namun, perlu diingat pula, jangan sampai Anda mengaduknya hingga terlalu kering karena akan mengurangi rasa khasnya.

Anda aduk olahan tersebut hingga keadaan kelapanya cukup kering, namun masih agak berminyak. Itu baru matang yang benar.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.