Loading...

5 Cara Menanggulangi Sampah di Sekitar Kita

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Keluarga

TERUSKAN.COM – Sampah merupakan permasalahan masyarakat yang tiada henti-hentinya dan selalu saja menjadi permasalahan yang penting. Entah kapan sampah itu bermula dan akan berakhir.

Hingga saat ini sampah telah menjadi permasalahan umum dan tanggungjawab semua orang karena hingga detik ini pun sampah masih saja bersahabat dengan masyarakat.

Sampah dewasa ini tidak lagi asing bagi masyarakat, karena sampah memang begitu dekat dengan kita. Di rumah-rumah, di jalan-jalan, di tempat-tempat umum, bahkan di tempat-tempat yang seharusnya bebas dari sampah seperti: rumah sakit, hotel, sekolah, masjid. a.

Loading...

Apa hal buruk itu? Tentunya kita sudah menyadari betul apa yang akan terjadi jika sampah-sampah tidak segera kita tanggulangi bersama. Seperti banjir. Banjir merupakan permasalahan yang real yang sering kita alami setiap tahunnya kala musim hujan tiba.

Ada banyak yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi sampah-sampah tersebut. Dengan pergerakan yang sederhana namun begitu sangat berarti jika kita mampu melakukannya secara konsisten.

membuang-sampah-keluar-kenderaan

Berikut adalah beberapa cara menanggulangi sampah di sekitar kita.

1. Membiasakan Diri untuk Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan adalah langkah awal untuk menanggulangi sampah dengan bijak.

‘Mulailah dari diri sendiri sebelum orang lain’, sepertinya kalimat ini mewakili bahwa kita harus sadar diri untuk menanggulangi sampah sejak dini.

2. Memperbanyak Tempat Sampah

Terkadang hal yang sering menjadi alasan untuk kita membuang sampah seenaknya saja adalah kurangnya fasilitas tempat sampah. Hingga akhirnya kegiatan untuk membuang sampah pada tempatnya tidak akan terwujud jika tempat sampahnya saja tidak ada.

Jangankan untuk menahan orang lain untuk tidak membuat sampah sembarangan, menahan diri sendiri saja terasa begitu berat jika tempat sampah yang minim.

3. Gotong Royong

Gotong royong merupakan warisan leluhur yang sejak lama singgah di Nusantara. Dengan melakukan gotong royong akan mampu menanggulangi sampah dengan efektif dan efisien.

Mengapa? Karena jika kita melakukannya secara bersama-sama akan memudahkan sekaligus menjadi terasa ringan untuk menanggulangi sampah daripada sendirian. Hal ini pun berlaku bagi komunitas-komunitas yang bergerak dalam penanggulangan sampah.

tong sampah

4. Kampanye

Kampanye atau promosi, atau juga bisa disebut sebagai iklan yang berisi himbauan-himbauan serta ajakan-ajakan untuk tidak membuang sampah sembarang dan untuk ikut serta dalam menanggulangi sampah yang telah menjadi permasalahan masyarakat.

Kampanye merupakan langkah yang baik karena bisa menjangkau masyarakat secara global.

5. Komunitas

Sebetulnya sebuah komunitas adalah bahasa modern dari kata “Gotong Royong’, tujuannya adalah sama yaitu melakukan sesuatu secara bersama-sama dan suka rela. Banyak sekali komunitas-komunitas yang sudah berperan aktif dalam menanggulangi sampah.

Seperti halnya Pemerintahan Kota Bandung di bawah pimpinan Bapak Ridwan Kamil yang memiliki komunitas penanggulangan sampah.

Atau sebuah kegiatan yang ada di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, khususnya yang telah dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Sastra Inggris angkatan 2012 melalui gerakan penanggulangan sampah dengan menggunakan Trash Bag.

**

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menanggulangi sampah yang kian hari semakin bertambah parah dan membuat masyarakat resah. Tidak lain dan tidak bukan bahwa semua penyebab terjadinya itu semua berawal dari diri pribadi masing-masing.

Maka dari itu, kita harus memulainya dari diri sendiri dan terus hingga upaya dalam menanggulangi sampah menjadi terwujud.