Loading...

4 Cara Merawat Dan Membersihkan Laptop

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Teknologi

Tips-Merawat-Laptop

TERUSKAN.COM – Laptop atau NoteBook merupakan perangkat penting bagi kalangan mahasiswa. Selain berfungsi untuk mengerjakan tugas-tugas dari dosen, ternyata laptop memiliki fungsi yang lebih dari itu.

Contoh kecilnya saja laptop sering kita gunakan untuk menonton film, bermain game, dan masih banyak lagi fungsi laptop bagi mahasiswa.

Loading...

Namun, pernahkah kita sadari mengenai keadaan laptop kita? Pernahkah kita memperhatikan laptop milik kita dan kemudian membersihkannya? Atau tidak adakah waktu untuk kita membersihkan laptop kesayangan karena tugas-tugas yang kian menumpuk?

Tentu saja kita harus bisa! Dan tidak ada alasan!

Karena merawat laptop tidaklah begitu sulit untuk kita lakukan. Cukup dengan melakukan perawatan yang sederhana saja. Dan waktu yang dibutuhkan pun tidaklah begitu lama.

Ini adalah cara sederhana merawat dan membersihkan laptop kesayangan anda.

Keyboard

Perhatikan keyboard laptop anda secara berkala. Usahakan seminimal mungkin dua minggu agar segera dibersihkan.

Mengapa harus seminimal mingkin dua minggu? Karena keyboard termasuk daerah rawan yang sering terkena debu.

Semakin anda sering mebersihkan keyboard dari debu, maka semakin jauh pula potensi keyboard laptop kesayangan anda dari kerusakan. Karena jika debu tidak kita bersihkan nantinya akan merusak keyboard secara permanen.

LCD/Layar

Bersihkan selalu layar LCD laptop kesayangan anda. Usahakan untuk menggunakan cairan pembersih yang sudah teruji kualitasnya.

Cara membersihkan LCD tidaklah begitu rumit, cukup dengan menyemprotkan cairan pembersih laptop ke laptop kesayangan anda, kemudian bersihkan dengan menggunakan kain yang khusus. Lakukan perawatan ini dengan baik dan benar.

Usahakan juga agar tidak terlalu sering melakukan perawatan ini. Karena dikhawatirkan jika terlalu sering LCD laptop anda akan rusak karena terlalu banyak menggunakan cairan yang ditakutkan masuk ke dalam perangkat lunak yang ada pada sistem laptop anda.

Sekurangnya satu bulan sekali perawatan untuk menjaga kebersihan LCD laptop kesayangan anda.

Software

Selain perangkat keras hal yang seharusnya anda perhatikan adalah perangkat lunak pada sistem laptop kesayangan anda. Usahakanlah untuk tidak berlebihan dalam menggunakan software dan aplikasi.

Gunakan software yang memang dibutuhkan. Dan hindari pemakaian secara berlebihan. Sebaiknya kita menggunakan software yang berguna untuk perawatan sekaligus pencegahan kerusakan pada laptop.

Seperti: antivirus, PC Health, System Advance Care, Iobit, System Ninja, dan masih banyak lagi software-software yang berfungsi sebagai perawatan bagi laptop. Dan ini bisa kita dapatkan dengan cara yang mudah, cukup dengan menggunakan internet dan download saja sesuai kebutuhan.

Battery

Hal yang paling rawan rusak pada laptop kesayangan anda berikutnya adalah battery. Maka dari itu, lakukanlah perawatan dengan baik terhadap battery laptop kesayangan anda. Mudah saja, cukup mencopot battery jika anda menggunakan laptop dengan jangka waktu yang lama.

Mengapa kita harus mencopot baterry? Alasannya adalah agar battery akan lebih awet karena jika menggunakan laptop secara terus menerus akan berpengaruh dengan kapasitas battery yang diakibatkan dari laptop yang panas. Usahakan untuk tidak menggunakan laptop anda secara berlebihan.

**

Demikianlah beberapa cara sederhana dalam merawat laptop. Cukup dengan hal-hal ringan dan sederhana saja anda sudah bisa merawat laptop kesayangan anda sendiri.

Dan hal yang perlu kita ingat adalah jika kita merawat sesuatu dengan baik dan benar, maka tentunya barang itu akan menjadi awet.