Loading...

6 Bahan Perawatan Kecantikan Unik Yang Digunakan Wanita Dulu

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fun, Kecantikan, Wanita

TERUSKAN.COM – Kosmetik telah digunakan sejak zaman kuno oleh para wanita, namun karena keterbatasan bahan karena perang para wanita harus menggunakan akal mereka untuk menciptakan riasan wajah sendiri. Bahkan, beberapa dari mereka menggunakan bahan perawatan kecantikan yang bisa dikatakan unik.

Meski unik, kenyataan bahwa bahan yang digunakan berbahaya untuk kesehatan saat ini sudah mulai dikeluarkan larangan untuk menggunakannya.

Nah, apa saja bahan berbahaya yang digunakan wanita jaman dulu sebagai kosmetik? Yuk, simak ulasan artikel di bawah ini.

Loading...

6 Bahan Perawatan Kecantikan Unik Yang Digunakan Wanita Dulu

1. Lead Atau Timbal

Salah satu bahan kecantikan aneh yang sering wanita dulu gunakan yaitu timbal. Ini adalah salah satu bahan popular yang digunakan pada kosmetik untuk memutihkan kulit. Para wanita yang memiliki kulit gelap karena sering melakukan pekerjaan di luar rumah, sering menggunakan bahan ini untuk menghilangkan warna gelap pada kulit.

Timbal salah satu unsur kimia yang bisa dikatakan sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat merusak sistem saraf dan menyebabkan gangguan otak.

2. Arsenik

Menurut wikepedia.com, saat era Victoria, para wanita menggunakan arsenic jenis putih yang dicampurkan dengan arsenik trioksida, cuka dan kapur lalu dikonsumsi meningkatkan kecerahan wajah sehingga membuat mereka tidak tampak sering bekerja di ladang, Arsenik juga sering mereka gosokkan langsung ke wajah dan lengan untuk memperbaiki kulit.

3. Lemak Hewan

Saat era romawi, wanita menggunakan lemak hewan sebagai foundation atau alas bedak. Mereka akan menggosokkan lemak hewan pada seluruh permukaan wajah.

4. Darah

Cat kuku atau kuteks mungkin sudah sering Anda gunakan untuk membuat kuku tampak cantik. Nah, bagaimana dengan wanita dulu membuat kuku mereka tampak cantik? Wanita jaman dulu menggunakan darah hewan untuk membuat kuku mereka terlihat berwarna.

5. Jelaga

Seperti yang dilansir dari Wikipedia.com, jelaga adalah butiran-butiran arang halus dan lunak yang terjadi dari pembakaran dan berwarna hitam. Sejak dulu, bangsa Mesir kuno membuat kohl atau riasan mata dengan menggunakan jelaga. Jelaga dicampur dengan mineral yang disebut galena untuk menghasilkan warna hitam.

6. Gemstone

Saat ini, gemstone untuk dibuat menjadi perhiasan, tapi bangsa Sumeria kuno menggunakannya untuk menciptakan lipstik. Berbeda dengan bangsa Sumeria, Cleopatra menggunakan kumbang untuk membuat lipstik dengan warna merah tua yang masih digunakan saat ini pada beberapa jenis kosmetik.

**

Perang yang terjadi selama bertahun-tahun, membuat kosmetik menjadi langka atau sulit untuk ditemukan sehingga membuat para wanita harus pintar menggunakan akal mereka.

Tetapi, di era yang modern saat ini, Anda masih harus berhati-hati untuk memilih kosmetik mengingat masih banyak jenis kosmetik yang menggunakan bahan berbahaya aktif yang hanya akan merusak kulit dan menyebabkan masalah kulit.

Gunakan bahan alami atau rempah-rempah yang disediakan alam untuk mendapatkan kulit cantik dan tentunya murah dan aman. Semoga bermanfaat.