Loading...

7 Sikap yang Harus Dimiliki Pegawai Bank

Penulis: Ardila Chaka Rubrik: Dunia Karir

 pegawai Bank Indonesia

TERUSKAN.COM – Banyak orang menginginkan bekerja di bank karena dianggap memiliki prestise yang tinggi. Namun, tidak semua orang mampu bekerja dengan baik ketika sudah diterima sebagai pegawai bank. Hal ini karena standar bekerja di bank memang tinggi dan ketat.

Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut ketika Anda akan atau sudah bekerja di bank.

Loading...

1. Jaga Attitude

Ketika bekerja di bank, terutama pada bagian yang setiap hari bertemu dengan masyarakt luas, hal pertama dan utama yang harus dibenahi dari diri Anda ialah attitude atau sikap. Sikap Anda secara personal akan memberikan kesan pada setiap orang.

Sikap yang baik merupakan modal utama Anda ketika berhadapan dengan customer dan orang-orang lain. Jika tidak dapat bersikap dengan baik, perbankan bukan dunia yang cocok untuk karier Anda.

2. Pandai Berkomunikasi

Dalam berkarier di dunia perbankan, Anda harus memiliki kecakapan dalam hal komunikasi. Anda akan bertemu dengan orang yang berbeda setiap harinya sehingga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan menjangkau ke semua kalangan.

Kecakapan dalam berkomunikasi akan memperlihatkan seberapa pandai Anda dalam bersikap dan menangani customer.

3. Good Looking

Penampilan merupakan syarat wajib bagi setiap orang yang bekerja di bank. Sebagai pegawai bank, Anda harus berpenampilan rapi dan sopan.

Anda tentu sangat diharamkan datang dengan baju yang lusuh atau rambut yang acak-acakan. Rawat diri Anda agar dapat selalu tampil cantik dan tampan di depan customer. Perbagus tampilan Anda dengan selalu memberikan senyum yang ramah.

karir-di bank

4. Percaya Diri

Anda menjadi cermin kesuksesan diri sendiri. Di dunia perbankan, Anda akan bertemu dengan banyak orang yang berbeda taraf pendidikan dan taraf ekonominya. Jika Anda tidak memiliki rasa percaya diri yang baik dan kemampuan yang memadai, sangat mungkin Anda justru akan diremehkan oleh customer.

Jangan sampai Anda terlihat gugup dan bodoh dengan tidak bisa menjawab pertanyaan customer. Apabila Anda memang tidak tahu, ada baiknya bertanya pada rekan yang bisa menjawab.

5. Sabar

Bekerja di bank tentu membutuhkan kerja yang cekatan. Namun, jangan sampai Anda menjadi ceroboh karena itu. Anda perlu menjadi orang yang sabar dalam menghadapi berbagai jenis orang yang akan ditemui dalam berbagai kesempatan.

Anda harus menjadi penyabar yang mau mendengarkan keluhan customer dan mau menjelaskan dengan sabar pula. Setiap tindakan Anda juga harus didukung dengan sikap kehatian-hatian.

6. Serius

Bekerja di bank bukan pekerjaan main-main. Anda harus menjadi orang yang serius dalam bekerja. Jangan sepelekan setiap pekerjaan yang dibebankan pada Anda.

Dalam hal ini, Anda juga tidak boleh menganggap remeh customer. Keseriusan tentu akan bermanfaatn bagi kelangsungan karier Anda di masa mendatang.

7. Terus Belajar

Sebagai pegawai bank, Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas, khususnya dalam dunia perbankan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda terus belajar, baik secara formal maupun informal.

Biasanya bank memiliki pendidikan dinas untuk jabatan tertentu. Namun, Anda juga bisa belajar melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukan di bank. Anda bisa belajar dari kegiatan rekan kerja Anda.