Loading...

Cara Hemat Merenovasi Rumah Minimalis

Penulis: Ardila Chaka Rubrik: Desain

Merenovasi Rumah Minimalis

TERUSKAN.COM – Renovasi rumah minimalis bisa menjadi kebutuhan yang tidak bisa terelakkan. Ketika akan melakukan renovasi, ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Hal pertama dan utama tentu saja masalah biaya.

Namun, Anda bisa saja merenovasi rumah dengan biaya seminimal mungkin. Kuncinya ialah bagaimana Anda bisa menghemat pengeluaran renovasi tersebut.

Loading...

Berikut merupakan beberapa tips hemat untuk renovasi rumah minimalis Anda.

1. Pastikan Alasan Renovasi Tepat

Sebelum melangkah lebih jauh dengan urusan renovasi, tanyakan pada diri Anda dan seluruh keluarga, mengapa perlu melakukan renovasi? Sangat haruskah renovasi dilakukan?

Dalam hal ini, Anda harus memiliki alasan yang kuat saat akan melakukan renovasi. Jangan sampai hanya karena warna cat yang pudar Anda memutuskan untuk merenovasi seluruh rumah.

2. Mencari Titik Prioritas Renovasi

Setelah Anda mantap dengan keputusan akan melakukan renovasi, carilah bagian-bagian rumah yang menjadi prioritas renovasi. Misalnya, perlu menambah ruang, menambal dinding, atau mengganti genting.

Dengan mengetahui prioritas renovasi, Anda akan mudah menentukan bahan bangunan apa saja yang dibutuhkan untuk dibeli dan disediakan.

3. Hitung Rencana Anggaran Biaya

Ketika akan merenovasi rumah, Anda tentu menginginkan mengeluarkan biaya yang sehemat mungkin. Oleh karena itu, Anda perlu menghitung anggaran dengan baik agar tidak salah penafsiran.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat rancangan anggaran biaya ialah menghitung volume bangunan dan harga satuan di tipe bangunan.

Hal-hal yang harus direncanakan anggarannya meliputi tahap persiapan hingga penyelesaian pekerjaan. Pada tahap persiapan, Anda pelu menghitung biaya pembersihan lahan, pagar pengaman, dan mobilisasi.

Anda juga harus memperhitungkan anggaran untuk pekerjaan sipil, finishing, instalasi mekanik, elektrik, dan plumbing, serta pekerjaan halaman. Anda juga tidak bisa melupakan anggaran untuk biaya pekerja, biaya peralatan, dan biaya tak terduga.

4. Lihat Jumlah Uang yang Dimiliki

Setelah merancang anggaran biaya dan tahu berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan, Anda pelu meninjau ulang jumlah tabungan Anda. Jika pengeluaran jauh lebih banyak dari jumlah saldo Anda, ada baiknya periksa lagi daftar anggaran biaya.

Pangkas beberapa hal yang tidak diperlukan. Namun, ada baiknya Anda memilki sisa tabungan yang cukup banyak selama renovasi dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan tak terduga.

5. Tentukan Jumlah Tenaga Kerja

Menentukan jumlah tenaga kerja berpengaruh pada lama renovasi dan biaya untuk pekerja yang harus dikeluarkan. Ada baiknya Anda memakai tenaga kerja yang tidak terlalu banyak, tetapi cukup untuk menyelesaikan proyek renovasi dengan cepat.

Selain itu, pastikan bahwa tenaga kerja yang Anda sewa memang profesional di bidang renovasi rumah minimalis. Jangan sampai Anda kecewa dnegan hasil kerja mereka hanya karena tidak mempekirakan sebelumnya apakah tenaga kerja tersebut mumpuni atau tidak.

6. Pertahankan Lahan Hijau

Jika Anda ingin menambah ruangan baru, tetapi tidak memiliki lahan selain memakai halaman, pertimbangkan ulang keinginan Anda. Ada baiknya Anda mencari gagasan baru sebagai solusi. Jangan lantas memakai halaman untuk ruang baru tersebut.

Ada baiknya Anda menambah ruang baru dengan membuat rumah berlantai dua. Dengan begitu, halaman Anda akan aman sehingga rumah pun bisa tetap ramah lingkungan.