Loading...

Bisnis Travel Umroh, Mengapa Tidak?

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Bisnis

Umroh 2014

TERUSKAN.COM – Bisnis travel memang banyak dilirik oleh para pebisnis di Indonesia. Selain bisnis travel wisata dan angkutan antar kabupaten/provinsi, bisnis travel umroh juga sedang hangat-hangatnya menjadi perbincangan.

Tak hanya menarik minat para pebisnis, ibu rumah tangga, guru, karyawan dan profesi lainnya pun ikut berbondong-bondong meraih rezki dengan bisnis travel umroh.

Loading...

Umroh sebagai salah satu ibadah yang diidamkan oleh mayoritas umat Islam. Pergi ke tanah suci menjadi sebuah impian bagi setiap muslim. Disinyalir lebih dari 400.000 orang berangkat umroh setiap tahunnya.

Oleh karena itu, bisnis umroh adalah bisnis yang abadi dan jangka panjang karena akan selalu ada orang yang akan pergi ke tanah suci setiap waktu. Pangsa pasar bisnis travel umroh sudah jelas. Tak jarang kemudian pebisnis travel wisata melakukan terobosan dengan mendirikan travel umroh untuk memperluas bisnis mereka.

Biaya untuk pergi berumroh juga tidak sebanyak pergi haji. Begitu juga dengan waktunya. Pergi haji sekarang daftar tunggunya ada yang sampai 12 tahun mengingat dibatasinya kuota haji.

Dengan adanya pemangkasan kuota haji sebesar 20 % maka masyarakat kemudian memilih pergi berumroh dulu sebelum pergi berhaji. Itulah kenapa sekarang jumlah peminat umroh meningkat dari bulan ke bulan dan tidak pernah sepi.

Nah, dari kenyataan tersebut dapat dipahami bahwa bisnis travel umroh merupakan salah satu ladang bisnis yang cukup menjanjikan.

Bagaimana memulai dan apa saja yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis travel umroh? Ikuti tips di bawah ini :

Tentukan apakah mandiri atau menjadi agen

Secara umum ada dua cara dalam menjalankan bisnis travel umroh yaitu berdiri sendiri dan menjadi marketing/agen.

Berdiri sendiri maksudnya benar-benar membuat travel umroh haji dari nol dimana biaya yang dibutuhkan jauh lebih besar dan juga banyak yang harus diurus terutama terkait pemberangkatan dan urusan jemaah ketika di tanah suci.

Sementara, menjadi marketing modalnya lebih sedikit karena sistemnya adalah mempromosikan produk travel umroh dari sebuah perusahaan dengan sistem kerjasama dan bagi hasil tertentu.

Survei pasar yang berpotensi

Jangan hanya terpaku pada daerah Anda, carilah tempat atau kota yang kira-kira memiliki potensi besar di bidang biro jasa travel umroh. Bagaimanapun tidak semua kota yang berpotensi tinggi terutama kota-kota yang penduduk non muslimnya lebih banyak.

Selain itu juga terkait dengan kesejahteraan di sebuah wilayah karena ibadah ke tanah suci boleh dibilang tidak semua orang bisa melaksanakannya.

Jenis paket yang akan ditawarkan

Umroh itu terdiri dari berbagai paket yaitu segmen rendah (guest house), standar (hotel bintang tiga) atau premium (hotel bintang lima plus jalan-jalan).

Tentukan target market bisnis travel umroh Anda apakah akan mengambil kelas bawah, menengah atau atas. Ini sangat penting agar nanti bisa fokus dalam menggaet pelanggan.

Kerjasama dengan perusahaan dan lembaga

Sekarang tidak sedikit perusahaan dan lembaga tertentu yang memberikan insentif kepada karyawan serta pengurusnya dengan memberikan kesempatan berumroh. Biasanya keberangkatan mereka secara grup.

Bila Anda bisa menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan, lembaga dan instansi maka peluang besar sedang menanti Anda.

Minimalisir berbagai kendala

Meskipun peluang dan keuntungan dari bisnis umroh ini terbilang lumayan, di lapangan tak sedikit kendala yang dihadapi oleh para penyedia travel umroh seperti keterlambatan keluarnya visa dan cancel dari maskapai penerbangan sehingga jemaah umroh tidak jadi berangkat.

Juga tak sedikit kasus penipuan yang terjadi antara marketing travel umroh dengan perusahaan travel dimana salah satu pihak membawa lari uang jamaah.

Buatlah berbagai perencanaan dan manajemen resiko sehingga kendala yang akan terjadi bisa diperkecil skalanya karena bagaimanapun resiko tetap saja ada. Pekerjaan rumahnya adalah bagaimana agar resiko tersebut bisa diminimalisir.

Amanah, profesional dan inovatif

Pada kenyataannya nanti Anda akan dihadapkan pada persaingan yang ketat dengan jasa travel umroh lain dalam menjaring pelanggan. Oleh karena itu, beberapa prinsip utama seperti amanah, profesional, kreatif dan inovatif haruslah menjadi prioritas bisnis Anda.

Terus berekspansi

Jika sebuah cabang sudah berjalan normal dan bagus maka sebaiknya Anda melakukan perluasan usaha. Terus buka cabang satu persatu di berbagai kota di seluruh Indonesia. Ketika kerajaan bisnis travel umroh Anda sudah terbentuk maka Anda sudah bisa menguasai pasar.

**

Demikianlah beberapa tips penting bagi Anda yang ingin mendalami bisnis travel umroh. Sudah siap bergerak?semoga tips ini membantu.