Loading...

Beragam Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Penulis: Ardila Chaka Rubrik: Kesehatan

minyak zaitun

TERUSKAN.COM – Selain ampuh untuk mempercantik diri, minyak zaitun juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Minyak zaitun memang sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu sebagai obat yang mujarab bagi berbagai macam penyakit.

Namun, apa sajakah penyakit yang dapat diatasi dengan minyak zaitun? Bagaimana cara mengaplikasikan minyak zaitun bagi kesehatan?

Loading...

Berikut merupakan beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan cara mengaplikasikannya.

1. Mencegah Diabetes

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat tinggi. Oleh karena itu, minyak zaitun dapat mengatur kolesterol di dalam tubuh.

Minyak zaitun dapat menurunkan kadar gula yang ada di dalam darah. Hal tersebut menyebabkan minyak zaitun ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes.

2. Mencegah Kanker

Kandungan lain yang terdapat dalam minyak zaitun ialah antioksidan. Antioksidan ini dipercaya dapat mencegah terjangkitnya penyakit kanker. Selain itu, antioksidan juga dapat mengurasi risiko terkena penyakit jantung.

Antioksidan dalam minyak zaitun justru berfungsi mencegah tumbuhnya sel-sel abnormal di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

3. Menyehatkan Jantung

Seperti telah disinggung di atas, minyak zaitun dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Minyak zaitun yang tergolong minyak paling sehat mampu mengontrol kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

khasiat minyak zaitun

4. Mengatasi Rasa Nyeri

Senyawa oleokantal yang terdapat dalam minyak zaitun dapat digunakan untuk mencegah radang dan bahkan menghilangkan radang. Mminyak zaitun dapat digunakan untuk menghambat rasa nyeri pada tubuh.

Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke bagian-bagian tubuh yang terasa nyeri.

5. Menyehatkan Kulit

Minyak zaitun sangat baik digunakan untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, minyak zaitun juga dapat melembutkan dan melembabkan kulit yang kering dan kusam. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun baik untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit.

Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit disertai pijatan ringan.

6. Menyehatkan Bagian Pembuluh Darah

Khasiat lain dari minyak zaitun yang sangat ampuh ialah bagi kesehatan pembuluh darah. Pembuluh darah merupakan salah satu area yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Mengonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi risiko terkena penyumbatan pembuluh darah.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat menebalkan pembuluh darah. Hal ini karena minyak zaitun kata dengan kandungan nutrisi. Minyak zaitun dapat mengurangi pengaruh negatif yang diakibatkan oleh lemak makanan.

7. Menyehatkan Pencernaan

Minyak zaitun merupakan minyak yang tergolong paling sehat. Oleh karena itu, minyak ini juga dapat diminum. Meminum beberapa tetes minyak zaitun dipercaya dapat meningkatkan kesehatan organ pencernaan.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat lain dari minyak zaitun yang tidak banyak diketahui orang ialah menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat mengurangi tekanan darah pasien hipertensi.

Selain itu, minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti obat-obatan penurun tekanan darah tinggi.

9. Seperti ASI

Minyak zaitun mengandung jenis lemak tak jenuh berantai tunggal. Minyak jenis tersebut merupakan minyak terbaik. Lemak jenis tersebut juga terdapat dalam air susu ibu (ASI). Oleh karena itu, minyak zaitun memiliki khasiat yang sama dengan ASI.