Loading...

7 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Penulis: Ardila Chaka Rubrik: Kecantikan, Wanita

minyak zaitun

TERUSKAN.COM – Minyak zaitun merupakan hasil olahan dari buah zaitun. Buah zaitun yang tua diekstraksi sampai mengeluarkan minyak. Minyak zaitun sendiri mengandung minyak tak jenuh yang tinggi dan mengandung asam oleik serta pelifenol.

Minyak zaitun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan yang ampuh.

Loading...

Berikut merupakan beberapa khasiat minyak zaitun untuk kecantikan.

1. Melembutkan dan Menghitamkan Rambut

Untuk melembutkan dan menghitamkan rambut, cukup dengan oleskan mintak zaitun ke bagian rambut menggunakan telapak tangan.

Anda juga bisa mencampur beberapa tetes minyak zaitun dengan air hangat. Ambil lap lalu celupkan ke campuran minyak zaitun tadi. Lap bisa Anda tempelkan ke bagian rambut selama 5—10 menit.

Jika melakukan secara rutin, rambut Anda akan semakin hitam, lembut, dan sehat karena dinutrisi oleh minyak zaitun tersebut. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai penyubur rambut dan menghilangkan ketombe.

2. Melembabkan Wajah

Minyak zaitun juga bisa difungsikan sebagai pelembab alami, terutama bagi yang memilki kulit wajah kering dan kusam. Minyak zaitun ini bisa dioleskan langsung pada wajah. Namun, Anda juga bisa mencampur minyak zaitun dengan masker.

Selain melembabkan kulit, minyak zaitun juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, tidak disarankan untuk memakai minyak zaitun karena akan menimbulkan jerawat.

3. Melembabkan Bibir

Selain melembabkan wajah, minyak zaitun dapat melembabkan bibir. Apabila bibir pecah-pecah atau kering, oleskan minyak zaitun ke bibir. Anda bisa mengoleskan ketika pagi hari atau sebelum tidur.

4. Mencegah Penuaan Kulit

Minyak zaitun ampuh juga sebagai pencegah penuaan kulit. Cara pakainya bisa dengan langsung mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit disertai pijatan ringan.

Selain itu, Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan air perasan lemon lalu mengaplikasikannya ke wajah. Minyak zaitun tersebut akan membuat kulit menjadi lebih kencang dan lembab.

minyak zaitun

5. Untuk Body Lation

Minyak zaitun bisa diaplikasikan ke seluruh permukaan kulit sehingga bisa digunakan sebagai body lotion. Selain itu, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk scrubbing.

Anda bisa langsung mengaplikasikannya minyak zaitun ke kulit atau mencampur minyak zaitun dengan body lotion maupun sabun mandi.

6. Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Apabila kaki Anda kasar dan pecah-pecah, aplikasikanlah minyak zaitun. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke telapak kaki yang kering dan pecah-pecah.

Agar hasil maksimal, disarankan untuk membungkus kaki dengan kaos kaki. Sebaiknya ritual ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Apabila dilakukan secara rutin, khasiat minyak zaitun untuk kaki Anda akan terasa.

7. Menyehatkan Kuku

Khasiat lain dari minyak zaitun ialah mempercantik, menyehatkan, dan menguatkan kuku jari. Caranya dengan mencampur beberapa tetes minyak zaitun dengan air hangat. Campuran tersebut digunakan untuk merendam jari-jari selama 10—20 menit.

Cara ini bisa Anda lakukan rutin setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

**

Itulah beberapa khasiat minyak zaitun untuk kesehatan. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah karena cara-caranya sangat mudah. Cara mendapatkan minyak zaitun pun tidak sulit karena sudah banyak yang menjualnya.

Jadi, selamat mencoba!