Loading...

10 Cara Efektif Menyembuhkan Mata Minus

Penulis: Riyan Sumarno Rubrik: Kesehatan

Menyembuhkan Mata Minus

TERUSKAN.COM – Rabun jauh atau yang juga disebut dengan mata minus adalah gangguan yang terjadi pada mata yang dapat menyebabkan tidak dapat melihat dengan baik suatu objek atau benda-benda dengan jarak yang cukup jauh.

Banyak yang mengalami mata minus ini merasa tidak nyaman dan mencari beragam cara untuk menyembuhkan mata minus. Untuk membahas tentang cara mengobati mata minus, akan menyenangkan untuk mengetahui penyebab mata minus terlebih dahulu.

Loading...

Berikut adalah penyebab mata minus.

Penyebab Mata Minus

Masyarakat perkotaan lebih cenderung memiliki risiko tinggi untuk gangguan mata seperti mata minus. Hal ini karena masyarakat perkotaan memiliki banyak kegiatan dengan tidak banyak visibilitas, seperti membaca buku dan dengan pencahayaan yang kurang atau berselancar di internet dengan durasi yang panjang.

Inilah yang dapat menyebabkan fungsi otot mata untuk mengatur mata fokus pada waktunya mereka akan menjadi begitu akrab dengan kondisi tersebut.

Pada saat mata melihat benda-benda atau obyek yang jauh, mata tidak mendapatkan fokus yang baik, hal ini karena mata telah menjadi terbiasa melihat benda dengan jarak dekat.

Terlalu banyak menonton televisi dengan jarak dekat, konsumsi gula yang berlebihan atau menggunakan komputer dengan jarak dekat dan terlalu lama adalah hal-hal yang dapat menyebabkan mata minus.

Lalu bagaimana menyembuhkan mata minus? Berikut adalah cara untuk menyembuhkan mata minus.

Metode Penyembuhan Mata Minus

  • Istirahat

Cobalah untuk duduk nyaman dan kemudian menaruh beberapa bantal dengan ketinggian yang setingkat dengan mata. Tempatkan siku Anda di atas bantal dan kemudian tutup mata Anda dengan kedua tangan sampai tidak ada cahaya tampak sama sekali. Bernapaslah dengna perlahan-lahan dan bayangkan kegelapan. Lakukan ini selama 10 menit dan lakukan secara teratur.

  • Coba Tanpa Kacamata

Cobalah untuk tidak pernah menggunakan kacamata jika kurang diperlukan, seperti ketika berada di sebuah ruangan kecil dan bukan di tempat kerja. Hal ini dilakukan ketika masih bisa melihat dengan jelas.

  • Lihat Benda Bergerak

Misalnya, ketika itu di jalan raya, mengamati orang, sepeda motor atau mobil yang lewat. Kemudian lihat setiap gerakan yang ada dan usahakan untuk bayangan yang Anda lihat adalah utuh dan tidak rabun.

  • Membersihkan Mata

Bersihkan mata Anda dan ketika jika perlu saja, pakailah tetes mata yang terjamin untuk menghindari mata dari kotoran dan bakteri. Anda juga dapat berwudhu atau membasahi wajah, dengna cara ini air dapat melembabkan mata lagi dan membuat mata segar.

  • Daun Sirih

Siapkan 2 lembar daun sirih, cuci daun sirih dan kemudian tempelkan di mata setiap waktu tidur. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Gunakan Kacamata Hitam Saat Mengemudi

Gunakan kacamata hitam ketika Anda mengemudi, hal ini bertujuan agar mata tidak bersentuhan langsung dengan debu.

  • Makan Buah dan Sayur

Bayam. Bayam memiliki banyak kandungan vitamin A. Makan dengan rajin sayuran ini, karena akan membantu untuk mengatasi mata minus tersebut.

Makan Wortel Secara Teratur. Hal ini karena wortel banyak mengandung vitamin A dan tentu saja sangat baik untuk kesehatan mata. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sebelum diproses sehingga kandungan vitamin A yang terkandung tidak berkurang. Anda juga dapat membuatnya menjadi jus.

Tomat. Tomat juga mengandung vitamin A serta worlet. Rajinlah mengkonsumsi tomat atau tomat yang diproses menjadi jus tomat dan lain-lain sesuai dengan selera Anda.

Buah lainnya. Banyak buah-buahan yang mengandung vitamin A. Seperti belimbing, melon, pepaya, pisang, semangka dan yang lain.

**

Itulah 10 cara efektif menyembuhkan mata minus. Penuhi kebutuhan vitamin A Anda sekarang juga untuk mendapatkan mata yang sehat.