Loading...

7 Manfaat Dan Kegunaan Sekantong Teh

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kecantikan, Kesehatan, Wanita

manfaat kantung teh

TERUSKAN.COM – Banyak ahli gizi yang akan menyarankan Anda untuk mengganti sekaleng soda dengan secangkir teh kaya antioksidan. Hal ini tentu tidak akan disarankan jika saja tidak banyak manfaat yang akan anda dapatkan dari sekantung teh.

Teh memang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, teh juga dipercaya akan membuat Anda lebih cantik.

Loading...

Nah, apa saja manfaat dan kegunaan dari teh untuk kecantikan Anda? Yuk, baca artikel berikut yang dilansir dari today.com.

1. Penyegar Wajah

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat kulit Anda tampak segar dengan menggunakan face mist. Anda dapat membuat air penyegar sendiri dengan menggunakan daun teh hijau yang direndam dalam air selama beberapa jam. Setelah itu saring dan gunakan botol semprot.

Anda dapat langsung menggunakannnya untuk membuat kulit tampak segar dan pastinya kandungan antioksidan akan menghindarkan kulit dari efek radikal bebas.

2. Pengobatan Gigi

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Kyushu University di Jepang dan diterbitkan dalam Journal of Periodontology menemukan bahwa saat Anda meminum teh hijau secara teratur, akan membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak pernah meminumnya.

Selain meminum secangkir teh setiap hari, mencampurkan daun teh dan baking soda hingga menjadi pasta bisa Anda gunakan sebagai odol atau menyeduhnya dalam air hingga dingin bisa Anda gunakan sebagai obat kumur.

3. Mengurangi Kantung Mata

Saat Anda kelelahan, mata menjadi gambaran jelas yang menandakan Anda berada pada keadaan yang tidak begitu baik. Biasanya, bagian bawah mata yang akan menampakkan lingkaran hitam atau munculnya kantung mata.

Untuk mengantisipasi ini, Anda dapat menggunakan teh. Caranya adalah dengan kantong teh yang telah Anda rendam dalam air dingin, tempelkan pada mata sekitar 15-20 menit. Anda dapat menggunakannya saat akan tidur.

manfaat teh

4. Masker Wajah

Jika ingin membuat masker, Anda dapat menggunakan bubuk teh hijau yang dijual di pasaran. Studi yang dilakukan pada tahun 2011 di Inggris menyatakan masker teh dapat membantu mencegah kerusakan kolagen dan elastin dalam sel-sel kulit.

5. Pewarna Rambut

Pigmen dalam teh seperti teh hitam dapat digunakan sebagai pewarna rambut alami. Sedangkan untuk teh chamomile bisa digunakan untuk membuat rambut lebih halus.

Caranya cukup mudah, cukup dengan membilas rambut Anda dengan air teh lalu, membungkusnya dengan handuk dan biarkan sekitar  20-30 menit sebelum dibilas lagi.

6. Toner Wajah

Untuk digunakan sebagai toner sederhana, gunakan air teh dan terapkan pada wajah, atau Anda dapat menambahkan dengan sedikit lemon, madu dan spritz lalu gunakan bola kapas.  Jika bersisa, Anda dapat menyimpannya dalam lemari es.

7. Exfoliating Body Scrub

Biarkan sekantong teh hijau dalam setengah cangkir air dan biarkan hingga dingin. Kemudian campurkan  gula (Anda dapat menambahkan madu, lemon, yoghurt atau bahan favorit lain ), setelah itu, gosokkan pada tubuh.

**

Demikian beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sekantung teh. Selain mudah untuk digunakan, teh juga merupakan bahan alami yang akan menghindarkan Anda dari efek samping berbahaya untuk kulit. Banyak jenis teh yang bisa Anda manfaatkan misalnya teh hijau atau teh hitam.

Semoga bermanfaat.