Loading...

5 Tips Perawatan Rambut Tipis

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

Rambut tipis

TERUSKAN.COM – Ketebalan rambut seseorang kerap diasosiasikan dengan kesehatan. Terlebih bagi wanita, rambut adalah mahkota di mana sangat memengaruhi tingkat kepercayaan diri. Rambut mudah acak-acakan, rontok dan masalah sejenisnya tentu bukanlah persoalan main-main.

Namun, jika anda kerap menemui helai demi helai rambut anda jatuh, bahkan ketika anda menyapu atau membersihkan lantai dengan vakum, berikut adalah beberapa cara untuk merawat rambut tipis yang mungkin bermanfaat bagi anda, seperti dilansir allwomenstalk.com.

Loading...

Diet

Apa yang terlihat dari luar tubuh anda, baik itu kulit, kuku, atau rambut adalah gambaran nyata mengenai apa yang selama ini anda makan. Anda tak dapat berharap rambut anda akan bersinar, jika perilaku makan anda tidak benar.

Salah satu cara tepat untuk merawat rambut anda yang tipis adalah dengan memulai diet yang tepat pula. Nutrisi adalah kunci kesehatan rambut anda, beberapa yang dibutuhkan adalah protein, zinc, zat besi, dan vitamin B12. Kandungan protein tersebut banyak terdapat pada ikan, daging tanpa lemak, sayur-sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Kurangi stres

Bukan hal baru, jika stres dapat menyebabkan kerontokan rambut. Stres emosional secara umum turut memengaruhi pula stres fisik. Berupayalah selalu tenang dan berdamai dengan masalah, karena tak hanya baik untuk kesehatan rambut tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Stres memang tak mudah untuk dihadapi, namun biarkan diri anda bernapas sejenak. Cari waktu untuk menikmati ketenangan, dan jika anda bisa cobalah bermeditasi. Identifikasi masalah yang membuat anda stres dan perlahan cari tahu solusinya.

Coba gaya rambut baru

Jika anda melakukan diet seimbang dan mampu menghadapi stres, tentu hal itu sangat membantu rambut anda terhindar dari kerontokan. Ke depan, cobalah untuk memotong rambut anda dengan gaya baru yang tentu akan menjadikan penampilan anda lebih segar. Temukan inspirasi gaya terbaru dari berbagai majalah atau media lainnya yang cocok diaplikasikan pada diri anda.

Mengunjungi salon langganan anda dan berkonsultasi dengan penata rambut adalah cara terbaik untuk mengubah penampilan anda lebih cantik. Jangan lupa untuk mengurangi penggunaan alat pengering rambut, sisir sikat atau bahan kimiawi. Konsultasikan pada penata rambut untuk menggunakannya secara bijak!

Keramas

Seberapa sering semestinya rambut anda dicuci atau dikeramas memang selalu menjadi topik hangat. Terdapat banyak argumen agar sebaiknya, mencuci rambut antara 2-3 hari sekali, bukan setiap hari. Seiring bergulirnya banyak argumen tersebut, coba anda cari tahu apa yang baik bagi anda sendiri.

Jika anda keramas setiap hari, cobalah lihat hasilnya dalam sepekan. Jika selama itu, jumlah rambut anda yang rontok di sekitar lubang air kamar mandi lebih sedikit dibandingkan keramas sekali dalam beberapa hari, berarti cara itu yang paling cocok anda terapkan.

Pijat

Pijat adalah salah satu cara terbaik untuk merawat rambut yang tipis karena punya beberapa keuntungan. Pertama, pijat dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dengan mendorong aliran darah ke kulit kepala, keuntungan kedua pijat bisa merelaksasi tubuh dan pikiran anda.

Tak perlu pergi ke spa, anda pun bisa melakukannya sendiri saat keramas, yakni dengan melakukan sedikit pijatan-pijatan lembut. Gunakan perawatan lengkap shampo dan konditioner untuk rambut tipis di mana nutrisi pada shampo akan lebih menyerap ke kulit kepala melalui pijatan.

**

Seperti hal lainnya, menemukan cara terbaik untuk merawat rambut tipis adalah uji coba bagi setiap orang. Jika anda mampu menjalankan diet, menghindari stres, dan memiliki gaya rambut yang pas anda pun tak akan rugi apa pun, sekali pun anda tetap mengalami kerontokan rambut.

Tentu, segala upaya yang anda lakukan menjadi bonus tersendiri yang akan membuat anda merasa lebih baik dan lebih cantik. Silakan mencoba!