Loading...

5 Tips Berbicara di Kelas bagi Pemalu

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Pendidikan, Remaja

TERUSKAN.COM – Bagi anda yang duduk di bangku kuliah, keaktifan di dalam kelas merupakan salah satu hal utama yang menjadi penilaian. Namun, jika anda merasa tak nyaman untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan diskusi, maka anda pun membutuhkan beberapa cara agar berani berbicara di depan teman-teman dan dosen anda di kelas.

Bagi seorang pemalu, tentu bukan hal mudah melakukannya, tetapi yakinlah tak ada hal buruk yang akan terjadi. Sekalipun anda mempermalukan diri anda sendiri, teman sekelas anda pun akan cepat melupakannya.

Tips Berbicara

Loading...

Jika anda ingin berbicara lebih banyak dengan percaya diri, berikut beberapa tips berbicara yang mungkin dapat membantu anda, dikutip dari allwomenstalk.com.

Ketika anda tahu, tunjukkan!

Tentu sangat baik anda mencoba mengangkat tangan anda ketika anda tahu jawaban dari pertanyaan yang diajukan di kelas, sekali pun anda tak begitu yakin dengan apa yang akan terjadi. Berpartisipasi secara sukarela tentu lebih baik daripada hanya menunggu dosen anda memanggil secara acak untuk menjawab pertanyaan.

Dengan banyak membaca dan pengetahuan anda bertambah, kepercayaan diri pun akan semakin tinggi. Risiko salah menjawab di kelas pun dapat diminimalisasi. Anda pun akan terhindar dari rasa malu.

Mendengar pendapat orang

Tak ada satu pun orang yang ingin berbicara tergagap-gagap di kelas. Perhatikan teman anda yang lain, dan dengarkan seberapa sering mereka membuat kesalahan dalam kata-kata ataupun jawaban.

Mereka pun tak sepintar yang anda bayangkan, jangan menempatkan posisi orang lain lebih tinggi dibanding anda, karena sebetulnya mereka sama seperti anda.

Persiapkan rencana

Jika anda tak terlalu baik dalam berpikir saat itu juga, cobalah untuk membuat beberapa catatan mengenai apa yang telah anda pelajari, rangkum sesuatu yang ingin anda katakan.

Ketika anda sudah belajar di kelas untuk beberapa minggu, maka anda pun perlu tahu gaya mengajar dosen anda dan tebaklah jenis pertanyaan yang biasanya selalu ditanyakan, sebelum mereka menanyakan pada anda.

Tips Berbicara

Bangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri adalah sifat penting untuk dimiliki, baik ketika anda berbicara di kelas atau menelusuri jalan-jalan umum. Setiap pagi, cobalah pikirkan tentang kehebatan anda.

Ketika anda betul-betul menyadari betapa spesialnya diri anda, anda pun akan semakin mudah untuk berbicara di depan umum. Sadarlah, bahwa setiap orang di dunia ini memiliki keunikan masing-masing dan tak ada yang menyamainya.

Berlatih untuk berbicara di depan cermin pun sebetulnya dapat membantu anda lebih percaya diri ketika anda benar-benar diharuskan berbicara atau menyatakan argumen saat presentasi.

Bicarakan dengan dosen

Seorang pengajar, guru atau dosen tak pernah bermaksud jelek pada anda. Jika anda tak nyaman berbicara di kelas, cobalah bicarakan hal tersebut baik-baik dan cari cara bagaimana meningkatkan tingkat partisipasi anda di kelas.

Beberapa dosen biasanya akan menawarkan tugas alternatif, untuk menambah penilaian anda. Misalnya saja, dengan lebih banyak menugaskan anda dengan tugas-tugas esai atau menjawab pertanyaan- pertanyaan pendek untuk melihat seberapa besar perhatian anda pada mata kuliah yang diajarkan.