Loading...

7 Manfaat Kesehatan Mengurangi Pemakaian BRA

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Menurut penelitian, tidak menggunakan bra sesekali baik untuk kesehatan seorang wanita. Dari hasil penelitian selama 15 tahun yang dilakukan di Perancis, bra sebenarnya tidak memberikan manfaat bagi para wanita, sebaliknya hanya memberikan bahaya.

Sedangkan secara medis, fisiologis dan anatomi, payudara tidak mendapatkan keuntungan, tutur Jean-Denis Rouillon, seorang Profesor di University of Franche-Comté di Besançon.

mengurangi-garis-bekas-bra

Loading...

Selain itu. penelitian yang dilakukan di salah satu rumah sakit Universitas Rouillon memeriksa lebih dari 300 payudara wanita yang berusia 18 dan 35 tahun menemukan bahwa wanita yang tidak menggunakan bra memiliki perkembangan jaringan otot, puting, dan bentuk bahu yang lebih baik dibanding yang sering menggunakan bra.

Namun ketika bra dikenakan, bahan ketat akan mencegah jaringan tersebut tumbuh yang sebenarnya akan mempercepat payudara kendur.

Selain beberapa poin di atas, masih adakah manfaat lain dari mengurangi pemakaian bra. Apa saja? Yuk, simak artikel di bawah ini mengenai manfaat sehat mengurangi pemakaian bra.

1. Memperbaiki Sistem Pernapasan

Bila Anda melepaskan bra, maka tingkat kenyamanan daerah sekitar dada akan terasa lebih baik dibanding menggunkan bra. Beberapa sumber mengatakan bahwa ketika Anda tidak menggunakan bra, sistem pernapasan menjadi jauh lebih mudah.

2. Membuat Kulit Sekitar Dada Lebih Halus

Ketika Anda menggunakan bra yang terlalu ketat, sering kali akan meninggalkan bekas pada daerah sekitar lingkar dada. Tanda ini tentunya akan sangat mengganggu dan meninggalkan bekas yang terlihat kemerahan.

Selain itu, rasa gatal akan muncul yang akhirnya akan membuat kulit terkelupas dan perih.

3. Membuat Anda Tidur Lebih Nyaman

Anda pastinya sudah sering mendengar saran atau membaca dari buku bahwa melepaskan bra pada malam hari baik untuk kesehatan. Nah, salah satu kesehatannya yaitu membuat waktu tidur Anda lebih nyenyak.

Mengapa? Saat Anda melepaskan bra pada malam hari, daerah sekitar dada Anda akan lebih rileks dan pastinya tidak membatasi ruang gerak Anda.

manfaat tidur telanjang tanpa busana

4. Menghemat Pemakaian Pakaian Dalam

Saat menggunakan underwear, Anda tentunya harus menjaga kebersihan dari underwear tersebut. Menggunakan pakaian dalam maksimal selama 2 hari, untuk menghindarkan dari penumpukan bakteri yang akan menyebabkan masalah kulit.

5. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Mungkin sudah bukan menjadi hal baru lagi mengenai penggunaan bra yang terlalu sering bisa memberikan peluang munculnya masalah kanker payudara. Karena itu, sebisa mungkin kurangi penggunaan bra.

6. Mengurangi Rasa Nyeri Saat PMS

Saat memasuki masa PMS, payudara wanita akan menjadi bagian yang sangat sensitif bahkan terkadang akan terasa sangat neyri. Selain mengonsumsi makanan atau obat penghilang rasa nyeri, tidak menggunakan bra juga akan membantu mengurangi rasa nyeri.

**

Demikian beberapa manfaat kesehatan atau keuntungan tidak menggunakan bra. Bra umumnya hanya digunakan sebagai penunjang penampilan untuk para wanita. Bra membuat payudara memiliki bentuk yang sempurna.

Namun, sebisa mungkin tidak terlalu sering menggunakannya juga akan sangat baik untuk Anda. Selain mengurangi penggunaaan bra, Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk menghindarkan dari risiko kanker payudara.

Semoga bermanfaat.