Loading...

4 Gaya Yoga Pereda Kram Menstruasi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Selain menghabiskan uang untuk pembalut, para wanita yang mengalami masa menstruasi biasanya akan menggunakan obat penghilang rasa sakit setiap bulan sebagai obat untuk mengatasi rasa kram saat menstruasi. Alih-alih menggunakan obat pereda nyeri, memilih obat buatan rumah akan lebih berkhasiat dan tentunya mengurangi efek samping.

Selain menggunakan obat, untuk menghilangkan rasa kram karena menstruasi juga dapat dilakukan dengan gerakan yoga. Beberapa gerakan yoga ternyata efektif  membantu  menyembuhkan kram menstruasi dan juga untuk menangani semua masalah yang terkait dengan sindrom pramenstruasi.

Berlatih yoga dan melakukannya secara teratur dapat menjadi obat untuk kram menstruasi, mengatur aliran darah ke dan dari rahim, menenangkan sistem saraf, mengurangi nyeri punggung, kaki dan nyeri perut, serta membuat emosi lebih stabil.

Loading...

Apa saja gerakan yoga yang akan mengurangi masalah menstruasi Anda?

1. Dhanurasana

Dhanurasana

Pose ini sangat efektif sebagai obat untuk mengatasi kram menstruasiGaya ini akan membantu meregangkan otot-otot dan meningkatkan aliran darah ke perut.

Berbaring telungkup dengan lengan berada pada sisi Anda dan membuat jarak kaki selebar pinggul. Tekuk lutut Anda dan tahan pergelangan kaki Anda dengan mengunakan tangan. Pada saat yang sama, angkat paha Anda dari tanah. Angkat dada Anda dari tanah dan tahan kurang lebih selama 15 sampai 20 detik.

2. Matsyasana

Matsyasana

Gerakan yoga satu ini juga akan mengurangi kram saat menstruasi. Pose ini membantu merangsang organ perut dan  peregangan.

Saat Anda berbaring di lantai, tekuk lutut Anda  dengan posisi kaki yang lurus menyentuh matras. Pada bagian kaki, tempatkan tangan Anda di kedua sisi. Tempatkan tangan Anda di bawah pinggul lalu angkat pinggul Anda.

Dorong bagian atas tubuh dari lantai dengan menekuk siku Anda. Buang napas. Angkat dada Anda, dan memiringkan kepala Anda ke belakang. Tahan pose ini selama lima hitungan. Tarik napas dan istirahatkan punggung Anda.

3. Ustrasana

ustrasana

Pose ini sangat baik untuk mengobati gangguan menstruasi. Pose ini merangsang organ-organ perut , meningkatkan aliran darah ke rahim dan membantu untuk menyembuhkan kram menstruasi.

Duduk berlutut dengan membentang bagian depan tubuh. Tekan tulang kering Anda ke lantai dengan tangan di kedua sisi panggul. Jauhkan jari mengarah ke bawah. Letakkan telapak tangan Anda di bagian atas tulang pinggul Anda.

Dorong tulang ekor Anda ke bawah dan ke depan. Miringkan kepala Anda saat mengatur nafas dengan dagu mengarah ke atas. Buat tumpuan dengan menggunakan kedua telapak tangan pada telapak kaki Anda lalu tahan sekitar 15 sampai 20 detik, hembuskan napas dan kembali ke posisi semula.

4. Badhakonasana

Badhakonasana

Badhakonasana atau yang biasanya disebut gaya kupu-kupu adalah salah satu pose yang paling efektif dan sederhana untuk dilakukan saat Anda mengalami kram menstruasi.

Duduk di atas matras dengan menekuk kedua lutut dan perlahan-lahan buat kedua telapak kaki menyentuh. Tekan lutut diatas matras dengan tangan Anda. Membungkuk ke depan sambil menghirup nafas, tahan beberapa waktu dan lakukan berulang-ulang.

Pose ini membantu meningkatkan aliran darah ke perut dan akan menyembuhkan kram menstruasi