Loading...

Manfaat Kesehatan Menggunakan Bindi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

manfaat bindi

TERUSKAN.COM – Apakah Anda tahu mengapa orang tua di India akan selalu menggunakan bindi atau tilak di dahi mereka? Nah, menurut sebuah penelitian, bindi yang ditempatkan pada tengah dahi memberikan banyak manfaat kesehatan.

Meskipun ada alasan spiritual, ternyata memakai bindi memiliki manfaat kesehatan juga. Untuk alasan spiritual, bindi digunakan wanita India untuk menandakan bahwa mereka telah menikah sedangkan para wanita muda India yang belum menikah mengenakan bindi hanya sebagai aksesoris fashion.

Loading...

Mengenakan bindi penting dalam banyak kebudayaan khususnya untuk daerah India. Bindi yang digunakan antara alis penting membantu sistem saraf agar tetap tenang. Terlebih ketika Anda menggunakan bindi dari pasta cendana, maka akan lebih efektif untuk kesehatan Anda.

Selain alasan di atas, masih ada manfaat lain dari menggunakan bindi yang bisa Anda rasakan. Apa saja? Simak artikel di bawah ini.

1. Untuk Konsentrasi Yang Lebih Baik

Meletakkan bindi di antara alis adalah salah satu tempat saraf utama pada tubuh kita. Ketika bindi ditempatkan pada titik ini, tubuh Anda akan merasa lebih tenang sehingga akan membantu dalam hal konsentrasi.

Selain itu, bindi yang berada di antara alis Anda akan membantu mengurangi tingkat kecemasan.

2. Mengatasi Masalah Sinus

Ketika menekan titik tengah bindi pada dahi, maka akan merangsang saraf trigeminal. Saraf ini jika dirangsang akan membantu meningkatkan aliran darah ke bagian hidung yang akan mengurangi masalah hidung tersumbat.

Dengan melaksedikit tekanan, juga mengurangi pembengkakan di dalam sinus. Ini adalah salah satu alasan yang sehat untuk memakai bindi.

3. Menguatkan Otot Wajah

Apakah Anda tahu bahwa memakai bindi ternyata dapat merangsang otot-otot di wajah? Bindi ternyata dapat meningkatkan aliran darah dengan merangsang arteri supratrochlear dan vena supratrochlear. Ketika pembuluh darah distimulasi, otot-otot akan menjadi lebih kuat.

4. Mengurangi Keriput

Tidak heran masyarakat India terlihat memiliki kulit yang kencang bahkan saat usia mereka sudah tidak muda lagi. Saat menggunakan bindi, akan terjadi penguatan otot-otot wajah, kulit akan dipelihara dan menjauhkan kulit dari masalah keriput.

5. Baik Untuk Kesehatan Mata

Titik pusat dimana bindi diletakkan adalah tempat yang menghubungkan langsung ke saraf supratrochlear. Saraf ini mengandung serat dari saraf-saraf yang memberi makan otot-otot mata. Inilah yang menjadi alasan mengapa bindi akan membuat mata Anda akan lebih sehat.

manfaat bindi

6. Kesehatan Telinga

Salah satu saraf pada titik di mana Anda menempatkan bindi akan merangsang koklea Anda. Stimulasi ini membantu dalam menjaga telinga Anda tetap sehat.

7. Menenangkan Pikiran

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alasan yang paling sehat untuk memakai bindi karena efektif untuk menenangkan pikiran yang terganggu. Memijat titik dimana bindi digunakan akan membantu mengendurkan otot-otot dan saraf yang kaku.

8. Mengatasi Masalah Insomnia

Mengenakan bindi sepanjang hari membantu untuk membuat otot-otot wajah lebih tenang, leher, punggung dan tubuh bagian atas sehingga akan membuat Anda tidur nyenyak pada malam hari.

9. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mengenakan bindi akan meningkatkan sirkulasi darah di wajah Anda. Ketika sirkulasi darah membaik, akan membuat kulit wajah Anda terlihat segar.

10. Membantu Menyembuhkan Sakit Kepala

Untuk Anda yang memiliki masalah sakit kepala, bindi akan menyembuhkannya secara alami. Konvergensi saraf dan pembuluh darah akan rileks saat Anda menggunakan bindi pada bagian dahi.