Loading...

Tips Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai

Penulis: Visyam89 Rubrik: Otomotif

Mobil Jarang dipakai

TERUSKAN.COM – Karena memiliki terlalu banyak mobil membuat mobil jarang digunakan. Atau mungkin anda mempunyai motor baru yang keren sehingga lebih sering menggunakannya daripada mobil. Bisa juga jarang dipakai karena sedang liburan, mungkin juga karena alasan lain yang menyebabkan mobil berdiam diri di rumah saja.

Mobil yang sudah pernah digunakan lalu jarang atau tidak digunakan lagi, akan membuatnya lebih rentan mengalami kerusakan. Jika saatnya anda ingin gunakan setelah sekian lama diam, biasanya akan muncul berbagai masalah yang terkadang tidak anda mengerti apa sebabnya.

Loading...

Tentulah anda harus waspada dan pandai merawat mobil yang sudah jarang digunakan agar tidak mengalami kerusakan terus-menerus. Jika bingung harus bagaimana? Simaklah langkah-langkah perawatan mobil yang jarang dipakai, berikut ini.

Berikan sekat pada wiper dengan kaca mobil

Perhatikan wiper dengan kaca mobil. Jika dibiarkan bersentuhan terlalu lama tanpa ada gerakan atau gesekan membuat karet wiper menjadi keras sehingga tidak lentur lagi. Dan bisa juga menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan pada kaca.

Yang harus anda lakukan adalah mengganjal wiper dengan busa atau kayu.

Jangan biarkan ban-ban mobil menempel pada lantai

Angkatlah keempat ban mobil dengan dongkrak dan stand-jack, lalu ganjallah keempat sisi bawahnya seperti saat mengganti ban mobil. Hal ini dilakukan agar suspensi tetap dalam kondisi yang baik dan tidak terbebani oleh berat mobil.

Karena suspensi mobil yang lama tidak digunakan akan naik-turun dan pastinya tidak akan nyaman ketika kembali digunakan.

Lepaskanlah aki mobil

Jika mobil tidak digunakan atau dihidupkan dalam waktu 2 minggu atau lebih, maka lepaskan aki mobilnya. Jika tidak, aki akan cepat rusak bila tetap menempel pada mobil karena tidak dipakai dengan rutin.

Usahakan kondisi rem tangan dalam keadaan bebas

Jika memang tidak digunakan perhatikanlah rem tangan, jika masih dalam keadaan ‘masuk’ maka lepaskanlah. Jika tidak dilepaskan, kelengketan dapat terjadi antara minyak dengan piringan rem. Apalagi jika mobil tersebut mempunyai tromol pada roda belakang. Hal ini tentu mencegah terjadinya kerusakan pada rem tangan mobil anda.

Pasang pengharum mobil dan tutup dengan cover

Beri mobil anda pengharum agar aroma dalam mobil menjadi wangi tidak berbau apek. Jika berbau apek tentu akan mengundang serang-serangga kecil untuk bersarang di mobil. Untuk menutup bagian lur mobil gunakan cover sebagai penutupnya agar terhindar dari debu dan jamur.

Ganjal ban mobil jika diparkir pada tempat yang miring

Untuk menghindari mobil agar tidak bergerak mundur, sehingga menatap tiang atau tembok rumah atau juga membentur obyek lainnya anda harus mengganjal ban dengan balok atau batu yang kuat.

Dengan begitu mobil tidak akan mengalami kerusakan akibat benturan dengan benda lain atau mencelakakan orang lain. Tetapi ingat kondisi rem tangan tetap dalam keadaan bebas.

Usahakan untuk tetap panasi mobil walau tidak digunakan

Jika mobil tidak digunakan karena bosan atau ada mobil lainnya dan ada berada di rumah, usahakan untuk menghidupkan mesin mobil setiap pagi dan sore. Kecuali jika anda sedang liburan atau tidak berada di rumah.

**

Itulah 7 hal yang harus anda perhatikan apabila mobil jarang digunakan dalam waktu yang cukup lama. Dengan mempraktikkan langkah di atas tentu dapat mencegah kerusakan fatal akibat mobil lama didiamkan.