Loading...

6 Tanda Pada Tubuh Jika Anda Sedang Stres

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

tanda stres

TERUSKAN.COM – Setiap orang mungkin memiliki saat-saat di mana mereka merasa gelisah, cemas dan khawatir. Ya, beberapa contoh tersebut menandakan keadaan stres.

Stres dapat terjadi karena berbagai hal, seperti masalah yang berkepanjangan, pekerjaan yang menumpuk hingga hal-hal lain yang tidak harus besar namun dapat membuat cemas.

Loading...

Seseorang dapat merasakan bahwa dirinya sedang stres saat merasa cemas. Namun, ternyata tubuh juga dapat memiliki tanda-tanda stres seperti berikut ini.

1. Sulit Tidur

Sebuah studi kesehatan menunjukkan beberapa bukti bahwa stres sering menjadi penyebab utama seseorang mengalami susah tidur atau insomnia.

Hal ini dapat ditandai dengan jam tidur yang sangat lelap melebihi jam tidur rata-rata orang lainnya. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak seperti sering terbangun dan sulit untuk kembali tidur juga menjadi salah satu tanda sulit tidur.

Sulit tidur dapat disebabkan oleh stres karena sebelum tidur orang akan memikirkan penyebab stres tersebut sehingga menjadi tidak rileks untuk segera tidur. Sayangnya, hal ini dapat berakibat buruk karena kurangnya jam tidur dapat meningkatkan potensi stres dan bahkan stres.

Mulailah untuk tidur tepat waktu dan tidak terlalu larut, serta menghindari beberapa penyebab sulit tidur seperti dari asupan makanan atau minuman.

2. Gusi Berdarah

Gusi berdarah atau yang dapat disebut dengan periodontal rentan menyerang mereka yang sedang daat keadaan stres karena stres dapat memicu meningkatnya hormon kortisol yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri akan lebih mudah masuk dan salah satunya menyerang gusi.

Tidak hanya itu, stres juga disebutkan dapat menyebabkan munculnya sariawan dalam mulut.

Cara terbaik jika Anda sedang melakukan aktivitas yang berpotensi menyebabkan stres seperti kerja lembur adalah dengan rajin menyikat gigi dan menghindari kudapan atau camilan yang manis di malam hari.

3. Sakit Maag

Penyakit maag atau radang lambung, yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung juga dapat disebabkan oleh stresOleh sebab itu bagi penderita asam lambung, disarankan untuk menghindari kegiatan maupun aktivitas yang berpotensi menyebabkan stres.

4. Jerawat

Permasalahan yang satu ini mungkin tidaklah asing. Jerawat selain disebabkan oleh faktor luar seperti jarang mencuci muka, juga dapat disebabkan oleh stres.

Oleh sebab itu, rawatlah wajah Anda dengan menggunakan krim atau produk perawatan wajah anti jerawat yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Imbangi juga asupan makanan Anda yang dapat menjadi penyebab jerawat seperti goreng-gorengan.

5. Menyukai Makanan Manis

Jika Anda sedang stres, tanpa Anda sadari, Anda lebih menyukai makanan yang manis-manis.

Seperti saat wanita mengalami sindron pra menstruasi, atau saat sedang merasa tidak bahagia, mereka cenderung menyukai makanan yang manis-manis seperti kue, es krim, coklat dan lain sebagainya.

Makanan yang manis-manis memang dipercaya dapat memperbaiki hormon sehingga menimbulkan perasaan senang dan lebih tenang.

6. Teeth Grinding

Teeth grinding atau yang dapat disebut dengan kebiasaan menggesek-gesekkan gigi saat terlelap disebutkan dapat menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami stres.

Hal ini dilakukan di bawah sadar saat seseorang sedang tidur. Selain karena kebiasaan, teeth grinding juga dapat dipicu oleh stres.

***

Itulah beberapa tanda pada tubuh kita saat sedang stres. Hindari stres dengan berolahraga dengan teratur serta mengatasinya dengan berpikir positif.

Semoga bermanfaat.