Loading...

Gejala Penyakit Ebola Dan Cara Pencegahannya

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

virus ebola

TERUSKAN.COM – Wabah ebola global adalah krisis besar yang dihadapi dunia saat ini. Infeksi tersebut dimulai di Afrika dan telah menyebar ke seluruh penjuru bumi. Jadi, sangat penting bagi setiap orang untuk mewaspadai gejala penyakit ini dan mengetahui bagaimana cara mencegah infeksi ebola.

Hal yang paling menakutkan dari hal ini adalah bahwa mereka yang terserang infeksi, hanya memiliki kemungkinan bertahan hidup yang sangat tipis.

Loading...

Ebola dasarnya adalah virus yang ditemukan pada hewan. Ketika manusia tanpa sengaja melakukan kontak dengan virus ini, maka wabah ebola-pun dimulai. Hal ini telah terjadi beberapa kali dalam sejarah sejak tahun 1976, dan virus ini kebanyakan ditemukan di daerah tropis hujan hutan Afrika. Namun infeksi virus ini hanya dapat menyebar melalui kontak langsung.

Sebagian besar gejala awal dari ebola, tidak beda jauh dengan gejala demam seperti flu. Satu-satunya gejala spesifik dari demam ini adalah bahwa hal tersebut akan menyebabkan pendarahan.

Seseorang yang terinfeksi ebola akan mengeluarkan darah pada daerah hidung, mata, telinga dan anus. Ini adalah perdarahan yang akhirnya menyebabkan kematian.

Gejala Terinfeksi Ebola

Berikut adalah beberapa gejala terinfeksi virus ebola yang harus Anda ketahui sejak dini:

Sakit kepala

Sakit kepala adalah gejala umum dari demam. Jadi, sebenarnya cukup sulit untuk mengetahui apakah sakit kepala yang Anda derita merupakan tanda bahwa Anda terinfeksi oleh ebola atau tidak.

Tetapi jika Anda mendapati bahwa ada orang disekitar Anda yang terinfeksi ebola, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Kelelahan

Kelelahan merupakan salah satu kondisi yang yang diciptakan oleh ebola. Ketika Anda pertama kali terinfeksi, Anda akan merasakan tubuh Anda meriang, terasa nyeri dan lelah.

Sesak napas

Sesak napas merupakan salah satu gejala yang paling spesifik dari virus ebola. Ketika Anda merasa sulit untuk bernapas, maka itu adalah pertanda bahwa Anda harus memeriksakan diri secepat mungkin.

Menggigil

Tubuh menggigil adalah gejala umum lainnya dari ebola. Namun, orang yang terinfeksi oleh virus ebola akan mengalami menggigil ketika suhu tubuh mereka meningkat.

Nyeri tubuh

Nyeri tubuh juga menjadi gejala yang sangat umum dari demam dan flu. Ini bisa pula menjadi pertanda bahwa seseorang telah terinfeksi ebola.

Ruam penuh dengan darah

Kulit Anda akan terasa sakit dan menerobos masuk ke dalam ruam yang memiliki darah di dalamnya, bukan nanah. Ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan.

Perdarahan mata, hidung, telinga dan anus

Apabila virus telah memasuki stadium akhir, maka ebola akan menyebabkan perdarahan pada bagian mata, hidung, telinga serta anus. Hal ini terjadi dalam waktu sekitar 3 sampai 4 minggu setelah terinfeksi, jika gejala tidak diobati.

Pendarahan gusi

Bagian dalam dari mulut berwarna merah dan pendarahan terjadi dari gusi, tanda bahwa Anda terinfeksi oleh virus ebola.

Mual dan muntah

Mual, muntah dan dehidrasi adalah gejala umum dari demam ebola. Pasien perlu diberikan cairan jika mereka mengeluarkan begitu banyak muntahan.

Itulah beberapa gejala virus ebola yang harus Anda ketahui. Jadi pada dasarnya, yang terbaik adalah belajar bagaimana untuk mencegah infeksi dari penyebaran ebola. Pencegahan, selalu menjadi solusi yang lebih baik daripada mengobati.

Cara Mencegah Terinfeksi Ebola

Setelah mengetahui gejalanya, Anda juga harus tahu bagaimana untuk mencegah diri dari infeksi yang mematikan ini. Beruntung, ebola bukanlah jenis penyakit yang dapat menyebar melalui udara, kontak fisik adalah cara bagaimana virus ini dapat menyebar.

Gunakan hand sanitizer

Gunakan hand sanitizer yang efektif untuk membersihkan tangan Anda sebelum mengonsumsi apapun.

Menutup luka

Saat Anda memiliki, luka pada tubuh, selalu ingat untuk membalutnya dengan perban. Luka yang terbuka dapat membuat Anda terinfeksi virus ebola dengan mudah.

Jangan mengonsumsi daging dengan kualitas buruk

Jangan pernah mengkonsumsi daging hewan dari sumber yang tidak dapat diandalkan. Mengingat infeksi ebola dimulai dari hewan, Anda harus berhati-hati dan memilah dengan tepat makanan yang aman untuk tubuh Anda.

Kenakan sarung tangan

Cara terbaik untuk mencegah infeksi virus ebola adalah dengan mengenakan pakaian pelindung seperti masker dan sarung tangan saat Anda berada di sekitar orang-orang yang mungkin saja telah terinfeksi.